Survive untuk Bisnis, Gini Amat Ya? Bersaing Sehat, Yuk!

Survive untuk Bisnis, Gini Amat Ya? Bersaing Sehat, Yuk!

Posted by Fullstop Indonesia on 23 October 2024

Masih inget nggak sih dengan kasus beberapa brand skincare yang membahas OVERCLAIM akhir-akhir ini?

Sebenarnya FULLSTOP Branding Agency Surabaya juga di beberapa artikel sering banget reminder teman-teman UMKM dan family business Surabaya untuk memperhatikan poin ini dalam setiap campaign/konten/iklan.

Bahayanya copywriting Overclaim bukan hanya menurunkan TRUST audience terhadap brand kalian ya, teman-teman. Tapi juga jika nggak sesuai dengan faktanya, maka selayaknya “senjata makan tuan”, maka brand value dan brand recognition teman-teman juga tentu akan berpengaruh di benak audience.

Melansir dari Legalku, selain poin-poin yang sudah disebutkan tadi kemungkinan buruk lainnya juga ada pada dikenalnya weakness brand teman-teman untuk dibahas di-public. So, penting banget loh teman-teman untuk kenal bagaimana overclaim bekerja. Hal ini juga berhubungan dengan PERSAINGAN SEHAT yang perlu dijalankan ke depannya.

Setelah salah dan melakukan Overclaim, ada kemungkinan brand teman-teman juga dapat dijatuhkan atau menjatuhkan dengan kompetitor lain. Biar nggak kejadian, apa aja sih yang perlu diperhatikan lagi menurut FULLSTOP Creative Agency Surabaya?

Sini-sini FULLSTOP Branding Agency Indonesia jelasin!

Perhatikan Kandungan dan Bahan Produk

Kesesuaian antara bahan dan kandungan pada produk dengan campaign yang akan teman-teman UMKM dan bisnis keluarga Indonesia highlight tentu menjadi perhatian PENTING, bahkan sejak mulai merintis bisnis.

Menurut FULLSTOP Branding Indonesia nggak hanya sekadar teruji secara klinis, pun dapat verifikasi BPOM. Tapi, re-check mendalam soal kandungan dan bahan baku produk perlu dilakukan (secara berkala), setiap quality control sedang berjalan. Mengapa demikian?

Karena menurut FULLSTOP Creative Agency Surabaya, dekat persaingan ketat bisnis yang ada serta perkembangan IT yang cukup dinamis (mendukung perubahan penemuan bahan baku yang ada), juga perlu dikontrol secara berkala. Mewaspadai adanya claim yang “menjatuhkan”, dari kandungan dan bahan produk ini teman-teman UMKM dan family business Surabaya juga dapat menjadikannya acuan di setiap soft-selling.

Jika produk teman-teman UMKM dan bisnis keluarga Indonesia merupakan produk kecantikan, produk kesehatan, bisnis jasa, maka highlight keunggulan bahan baku dari testimoni pembeli. Pun sama halnya dengan produk F&B, atau fashion. Menurut FULLSTOP Branding Surabaya bahan baku juga dapat menjadi indikator penilaian seseorang terhadap kualitas produk Anda.

Bukan berarti harus di-highlight terus menerus soal bahan baku, atau diganti secara berkala ya. Tapi perhatikan juga dengan audience behavior terhadap bahan baku yang teman-teman pakai.

Update informasi, valid-nya di kacamata scientific, sampai worst risk saat digunakan loyal customer kalian, menurut FULLSTOP Branding Indonesia kesemuanya perlu menjadi narasumber terbaik untuk pengembangan bisnis kalian.

Fokus Highlight Strength & Uniqueness

FULLSTOP Branding Agency Indonesia juga cukup sering untuk reminder tentang poin ini. Karena aplikasi marketing strategy dan branding strategy lah yang nantinya lebih banyak menyesuaikan dengan strength dan uniqueness brand teman-teman.

So, supaya potential customer juga lebih “aware” dengan kelebihan brand Anda menurut FULLSTOP Branding Surabaya penting juga untuk punya USP atau Strength yang ingin di-highlight. Dua poin ini sebenarnya juga akan membantu ketika kompetitor lain nggak punya hal yang sama atau nggak memberi experience yang sama dengan brand Anda.

Dari dua poin inilah teman-teman UMKM dan family business Surabaya dapat ‘effort’ untuk brand positioning atau brand recognition secara tepat. Poin ini juga penting agar teman-teman UMKM dan bisnis keluarga Indonesia dapat mem-filter audience yang butuh terhadap strength atau uniqueness kalian.

Rajin Boost Awareness

Menurut FULLSTOP Branding Surabaya nggak lengkap kalau teman-teman UMKM dan family business Surabaya tidak boost awareness setelah melakukan 2 poin sebelumnya.

Percuma juga memperhatikan bahan baku dan produk kalau target market Anda tidak kenal dengan product knowledge yang ada.

Selain itu, terbuang percuma juga untuk menentukan strength dan uniqueness saat teman-teman UMKM dan bisnis keluarga Indonesia tidak pakai kuncian ini untuk “awareness”.

Boost awareness dapat teman-teman lakukan dari social media, pun melalui iklan-iklan yang akan ditayangkan. Goals dari awareness sebenarnya nggak hanya agar “orang kenal”. Tapi agar orang “terpapar” juga oleh brand kalian.

Contoh Persaingan Sehat TOP BRAND

Sudah baca artikel FULLSTOP yang ini, teman-teman?

Dua top brand tersebut merupakan contoh persaingan sehat di bisnis air mineral.

Keduanya juga boost awareness tanpa MENJATUHKAN, namun terus menerus highlight strength dan uniqueness dari produk yang ditawarkan.

Coba tebak, adakah client FULLSTOP Creative Agency Surabaya yang juga bersaing dengan sehat dan stabil optimal sampai hari ini?

Back To List Blog