Seasonal Campaign vs. Event Activation: Bedah Strategi Brand Positioning Wizzmie

Seasonal Campaign vs. Event Activation: Bedah Strategi Brand Positioning Wizzmie

Posted by Fullstop Indonesia on 14 August 2024

Siapa yang kangen FULLSTOP Branding Agency Indonesia bahas Wizzmie?

Siapa juga yang kepo tentang salah satu brand mie pedas VIRAL Surabaya ini?

Yuk, di artikel kali ini mari bedah bersama strategi brand positioning yang Top Management Wizzmie pilih, dibantu dengan social media activation yang dilakukan FULLSTOP Creative Agency Surabaya!

Sebentar-sebentar, boleh dong yaa FULLSTOP Branding Agency Indonesia napak tilas sejenak sambil merenungi bahwa milestones kami dengan Wizzmie ternyata sudah jauh sekali sejak awal dirintis ya. Cukup bangga dan terharu jika ingat bagaimana langkah awal kami sampai hari ini dengan 36 outletnya tersebar di Indonesia.

Mulai dari outlet pertama di Surabaya, sampai OPENING Outlet ke-36 terbarunya kemarin ada di Cibubur, FULLSTOP Creative Agency sendiri masih ingat bagaimana saat mengemas Wizzmie agar memiliki brand identity yang relate dengan target marketnya. Lagi-lagi juga seperti disclaimer yang sering di-highlight FULLSTOP di artikel sebelumnya, kesuksesan Wizzmie bukan berarti 100% karena FULLSTOP ya teman-teman. Namun ada juga andil keberanian dan kekompakan tim serta manajemen Wizzmie sendiri.

Okay, kembali ke pembahasan utama brand analysis kali ini.

Biasanya, FULLSTOP Creative Agency spill sedikit tentang campaign yang dibuat oleh KOL Specialist di setiap opening. Sekarang, FULLSTOP akan share strategi brand positioning Wizzmie pada sebuah Seasonal Campaign dan Event Activation.

Apa Sih Seasonal Campaign dan Event Activation Itu?

Melansir dari Upgraded, Seasonal Campaign merupakan campaign yang digunakan di momen-momen tertentu seperti misalnya promo momen Natal, Lebaran, atau perayaan nasional lainnya.

Seperti yang pernah FULLSTOP Branding Agency Indonesia bahas di sini, baik momen seasons berpeluang mendatangkan banyak penjualan (seperti bulan puasa / natal) atau hanya untuk boost awareness, maka persiapan untuk menyusun strategi memang perlu perhatian khusus ya, teman-teman.

Pun sama halnya saat salah satu marketing strategy ini digunakan oleh Wizzmie. Momen perayaan ulang tahun brand teman-teman UMKM / family business owner juga bisa dijadikan sebagai sebuah momen untuk seasonal campaign lho!

Sedangkan apa sih Event Activation itu? Melansir dari MBiz, Event Activation merupakan salah satu branding strategy yang diselenggarakan untuk meningkatkan brand awareness. Masih menjadi bagian dari brand activation, apa sih Event Activation yang dilakukan Wizzmie kali ini?

Sini, FULLSTOP jelasin!

Seasonal Campaign pada Promo Merah Putih Wizz-MERDEKA

Menurut FULLSTOP Creative Agency Surabaya, Seasonal Campaign sama halnya dengan Seasonal Marketing. Menjadi salah satu marketing strategy yang berjalan di momen-momen tertentu, kali ini Wizzmie nggak ingin kehilangan peluang dengan memberikan Promo Merah Putih Wizz-MERDEKA di momen 17 Agustusan.

Source: Official Instagram Wizzmie

Berlaku sampai dengan 31 Agustus 2024, promo ini menawarkan pada audience Wizzmie harga Rp 17.000,- saja per paket bundling beberapa menunya. Dengan promo ini, FULLSTOP Branding Agency yang juga support boost campaign Wizzmie melalui social media activation (KOL) di berbagai kota tentu juga mengemas konten semenarik mungkin.

Menyertakan headline “Bikin Perut Merdeka” sepanjang bulan Agustus, tentu promo Agustusan ini juga dapat re-call loyal customer Wizzmie maupun customer baru. Nggak hanya Promo Merah Putih, Wizzmie juga ingin menjangkau audience yang berhalangan atau terhalang jarak untuk dine-in di Wizzmie dengan memberikan Promo DelivFREE. Promo gratis ongkir ini menurut FULLSTOP Creative Agency Surabaya juga termasuk startegi cerdas agar tetap dapat menjangkau audience secara “online”.

“Untuk Wizzmie sendiri sekelas brand viral seperti ini, apa memang masih perlu pakai seasonal campaign, ya?”

Well, menurut FULLSTOP Branding Agency Indonesia, sama seperti pilihan antara ingin ‘mengejar bola’ atau ‘dikejar oleh bola itu sendiri’ untuk menjalankan sebuah strategi bisnis?  Maka bukan seberapa VIRAL atau MATURE bisnisnya, namun sesuaikan kebutuhan teman-teman dalam penggunaan seasonal campaign ini, ya.

Event Activation & Berbagai Lomba Menarik

Jika sebelumnya Wizzmie menggunakan marketing strategy Seasonal Campaign, brand activation untuk mempertahankan brand recognition Wizzmie pun tetap berjalan.

Meramaikan momen Agustusan, momen perayaan ulang tahun Wizzmie yang ke-2, dan Anniversary Wizzmie Jember yang pertama, Wizzmie mengadakan event activation berupa beberapa lomba. Lomba Mewarnai di Wizzmie Gresik, Photo Contest untuk merayakan ulang tahun Wizzmie, dan Wizz-Reels Challenge untuk merayakan ulang tahun Wizzmie Jember. Bahkan, tanpa ada momen khusus pun, di Wizzmie Cibaduyut rutin ada senam asik bersama tiap minggu!

Ketiganya sama-sama branding strategy dan brand activation yang juga menurut FULLSTOP Creative Agency Surabaya tujuannya sama dengan Seasonal Campaign. Tentu Event Activation ini nggak hanya berfungsi sebagai re-call (boost awareness) saja ya, teman-teman.

Namun lebih jauh dari sekadar re-call, untuk memudahkan target market Wizzmie mengingat brand mie pedas VIRAL ini, maka perlulah event activation ini dilakukan. Brand positioning dan brand recognition Wizzmie yang juga semakin dekat dengan audience melalui event dapat terealisasi. Selain itu, event activation kompetisi secara online-pun tentunya juga akan memperkuat social media activation yang dijalankan FULLSTOP untuk Wizzmie sejauh ini.

Branding & Marketing Strategy Perlu Berjalan Beriringan

Lesson-learned penting yang FULLSTOP Branding Agency pelajari dari strategi brand positioning Wizzmie ini ada pada beriringnya marketing dan branding strategy dijalankan. Brand se-masif Wizzmie, tentu perlu adanya penyesuaian branding dan marketing strategy agar “top-of-mind” as mie pedas VIRAL asal Surabaya nggak hilang begitu saja ya, teman-teman.

Sama halnya seperti penentuan campaign setiap OPENING Wizzmie di berbagai kota, perhatian pada product life cycle, audience behavior juga penting untuk menjadi pertimbangan penggunaan strategi ini.

Bukan ASAL mengadakan event, atau join the trend untuk boost seasonal campaign, namun Wizzmie x FULLSTOP juga perlu mempelajari kebutuhan audience di momen tersebut.

Setuju nggak kalau di next artikel FULLSTOP bedah strategi salah satu klien lagi?

Back To List Blog