Ludes Terjual! Belajar Marketing dari BTS POP-UP MONOCHROME, Yuk!

Ludes Terjual! Belajar Marketing dari BTS POP-UP MONOCHROME, Yuk!

Posted by Fullstop Indonesia on 22 June 2024

Siapa nih di antara temen-temen UMKM dan family business owner yang sudah berkunjung ke pop-up store kesukaan Army satu ini?

Yesss! Tentunya pop-up store ini mencuri perhatian kalian, ya!

Eits, tapi sebelum FULLSTOP Branding Agency Indonesia share marketing analysis pada pop-up store satu ini, belajar sedikit tentang jenis brand activation, yuk!

Sebenarnya brand activation itu jenisnya apa saja ya? Apakah pop-up store termasuk salah satu jenisnya? Jika teman-teman UMKM dan bisnis keluarga Indonesia pernah baca salah satu artikel FULLSTOP, pernah kok kami mention pop-up store sebagai salah satu brand activation client kami My Yellow Duckling.

Melansir dari Stick Earn, brand activation merupakan peningkatan sebuah interaksi sebuah brand dengan pelanggan (potential target marketnya). Terdapat beberapa jenis brand activation yang dapat teman-teman UMKM dan family business owner aplikasikan.

Pertama, Sponsorship untuk Marketing Activation

Jenis brand activation ini pernah FULLSTOP support untuk FUKUMI x Mom Uung di Desember 2023 lalu. Aktivasi brand seperti ini merupakan bentuk support pendanaan pada pihak penyelenggara acara. Selain itu, karena sepakat telah memberikan dana, maka brand ini akan mendapatkan ruang atau segmen khusus untuk dapat berinteraksi dengan pelanggannya.

Kedua, Social Media Activation

Aktivasi brand jenis ini sering sekali FULLSTOP mention dan lakukan untuk client yang sedang dihandle. Membangun interaksi dengan audience di social media merupakan jenis brand activation yang cukup efektif di era digital 4.0 sekarang ini.

Baik secara content, maupun campaign social media, FULLSTOP Creative Agency Surabaya biasanya juga support kebutuhan client sampai dengan controlling lead messages yang masuk melalui official account client. Hal ini berfungsi agar TRUST customer pada sebuah brand juga meningkat melalui pelayanan yang optimal.

Back to the MAIN TOPIC!

Bagaimana dengan branding strategy pada pop-up store yang akan tutup besok 23 Juni ini? Apa aja sih strategi bisnis yang terselip pada brand activation BTS? Yuk analisa bareng FULLSTOP!

Boost Awareness BTS di Tahun Kedua Open Pop-Up Store

@cosmoindonesia ARMY!!! Siapa yang kangen #BTS? ???????????? Cosmo kasih lihat preview BTS POP-UP MONOCHROME IN JAKARTA. Lokasinya di Metro, Gandaria City, jangan lupa mampir dari tgl 9 Mei - 23 Juni 2024 ya.. #cosmopolitan #cosmopolitanindonesia #btspopupmonochrome #bts #bangtansonyeondan방탄소년단 #bangtanboys #bts_official_bighit #army #btsarmy #rm #jin #suga #jhope #jimin #taehyung #jungkook #armybts #gandariacity #fyp #viralditiktok #tiktoktainment #btsmonochrome ♬ run bts - ????

Source: TikTok @cosmoindonesia

Seperti informasi yang diberikan Cosmo Indonesia pada postingannya berikut, BTS Pop-Up Monochrome setelah sukses dibuka di Jepang dan Korea Selatan, kali ini kabar gembira untuk Army yang ada di Indonesia!

Berlokasi di METRO Department Store Gandaria City, pop-up store ini dibuka mulai 9 Mei-23 Juni pukul 10.00-22.00 WIB setiap harinya. Pop-up store dengan konsep industrial satu ini, ternyata memang ditunggu-tunggu para ARMY di Indonesia. Bahkan, kabarnya ada yang rela nunggu dari Shubuh lho, teman-teman!

Euforia fans BTS memang se-heboh itu lho teman-teman.

Eits, tapiii fun factnya jika FULLSTOP Branding Agency Indonesia analisa secara mendalam tentang branding activation BTS ini, ternyata pop-up store yang sama pernah juga dibuka di Jakarta setahun lalu. Sama halnya seperti konsistensi USP, konsistensi awareness, dan konsistensi brand identity, sepertinya pop-up store tematik BTS tahun ini juga termasuk dalam branding strategy 3 poin tersebut.

Menarik kembali audience yang sama, ataupun potential market yang ada di Jakarta, event organization dan production house yang memanage brand activation ini sepertinya nggak ingin ter-skip dengan peluang ini. Agar BTS lebih dekat lagi dengan fansnya, maka pop-up store inipun dibuka di Indonesia. Melansir dari INews dengan ranking tiga yang diperoleh Indonesia sebagai negara dengan fans BTS terbanyak, sepertinya hal ini jugalah yang mendukung perluasan jangkauan audience melalui pop-up store ini.

Nostalgia Marketing pada Konsep Pop-Up Monochrome

Selain boost awareness berupa konsistensi membuka pop-up store, tema pop-up store kali ini mencuri perhatian FULLSTOP Creative Agency Surabaya untuk mengulik alasan di baliknya. Hitam putih di setiap sudut pop-up store dihiasi dengan foto seluruh member BTS ini, seolah membawa fans-fansnya untuk kembali mengenang transformasi seluruh member, mulai dari album, sampai lagu-lagu dan dance yang menemani mereka sejauh ini.

Warna yang identik dengan ‘masa lalu’ ini tentu menurut FULLSTOP Branding Agency Indonesia sangat dekat dengan nostalgia marketing. Marketing strategy yang pernah dianalisa FULLSTOP ini, tentu akan membangun koneksi emosional yang semakin dekat dengan fans BTS.

Hal ini juga linear dengan tujuan brand activation sendiri kan, teman-teman?

Meningkatkan kedekatan dengan audience, tentu cukup efektif dengan cara aplikasi nostalgia marketing!

Meskipun Mahal, Limited Offering Bikin Army Pengen BALIK Lagi!

@detikcom Daebak! ???? Hari pertama pameran BTS POP-UP: MONOCHROME IN JAKARTA disambut antusias oleh ARMY. Menghadirkan berbagai merchandise ekslusif dari BTS, kesempatan bagi ARMY untuk memborong hingga tanggal 23 Juni 2024! Baca berita selengkapnya hanya di detik.com! Creator: Regita/Tyana #detikcom #reels #mediasosial #BTS #ARMY #popup #gandariacity ♬ original sound - detik.com

Source: TikTok @detikcom

Analisa FULLSTOP Creative Agency Surabaya, terbukti pada hasil wawancara Detik ke beberapa ARMY yang super excited berbelanja di hari pertama. Beberapa di antaranya juga menyampaikan bahwa mereka akan balik lagi pada tanggal 20 Juni saat limited offering merch lainnya dibuka! WOW nggak sih?

Perhatikan juga berapa total belanjaan mereka?

Bukankah sebenarnya jika ditarik ke kacamata bisnis, range belanjaan jutaan termasuk pada segmented market? Rasanya dengan skala fans BTS di Indonesia yang juga sangat BESAR, hal ini justru telah dipersiapkan mereka agar dapat borong banyak merch di pop-up store tematik tahun ini. Masih berhubungan dengan pop-up store tahun 2023, tentu kehadiran brand activation ini mencuri perhatian ARMY yang belum bisa hadir di tahun tersebut.

Sehingga, hal ini jugalah yang dimanfaatkan PH dan event organizer BTS Pop-Up Monochrome memainkan strateginya. Per tanggal 20 Mei disampaikan oleh CNN Indonesia, bahwa banyak merchandise telah LUDES TERJUAL. Di tanggal 20 Juni, dibukalah LIMITED OFFER beberapa merchandise yang dapat dibeli para ARMY. Nggak sampai di situ saja lho teman-teman, marketing strategy lainnya ada pada open pre-order yang disediakan pihak penyelenggara pop-up store ini. Army yang ingin order namun bersedia menunggu ketersediaannya, bisa menggunakan fasilitas ini. Keren nggak sih?

Tebak, Kira-Kira Bakal Diperpanjang Kayak Tahun Lalu Nggak Ya?

Well, kalau boleh ditebak.

Apakah tahun ini akan diperpanjang lagi seperti tahun sebelumnya? Jika FULLSTOP Branding Agency Indonesia boleh menebak, melihat antusiasme ARMY begitu besar, sepertinya pop-up store BTS tahun ini juga akan diperpanjang lagi.

Diperpanjang atau tidak, banyak sekali marketing strategy yang juga FULLSTOP dapat pelajari dari brand activation BTS. Beginilah jika brand activation berhasil dijalankan, teman-teman. Bagaimana dengan branding strategy kalian? Sharing bareng FULLSTOP Creative Agency Surabaya untuk dianalisa bareng-bareng, yuk!

Back To List Blog