Pencapaian FULLSTOP Creative Agency Indonesia di 2023

Pencapaian FULLSTOP Creative Agency Indonesia di 2023

Posted by Fullstop Indonesia on 27 December 2023

Memasuki hari-hari terakhir tahun 2023, FULLSTOP ingin melakukan refleksi sejenak.

Merefleksi apa saja yang telah FULLSTOP lakukan sebagai branding agency Surabaya untuk client-client family business owner, corporate, hingga international brand di tahun 2023.

Merefleksi what works and what does not work dalam hal seputar branding strategy, marketing strategy, dan social media activation, yang merupakan kunci utama lini industry FULLSTOP Branding Indonesia sebagai creative agency.

Dan merefleksi pencapaian-pencapaian yang telah kami raih bersama-sama dengan keluarga besar FULLSTOP Branding Indonesia, yang tidak lain adalah client-client yang sudah mempercayakan branding dan marketing bisnisnya di FULLSTOP – creative agency Surabaya ini.

Dan di kesempatan ini juga, sambil refleksi, FULLSTOP bisa sharing juga ke teman-teman UMKM dan family business owner di luar sana hal-hal apa saja yang bisa membuat client-client besutan FULLSTOP Branding Indonesia ini sukses dan always growing. Sudah hampir 12 tahun Superskwad FULLSTOP berkarya sebagai creative agency Indonesia, dan kami percaya, pencapaian yang akan diceritakan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk branding dan marketing bisnis teman-teman sekalian.

Well, without further ado, yuk kita napak tilas pencapaian FULLSTOP Creative Agency Indonesia di tahun 2023 ini!

Jago di Digital & Lapangan: Event Marketing dan 16 Opening Cabang Wizzmie

Pandemi yang telah berakhir di tahun ini, membuat marketing strategy dan branding strategy yang FULLSTOP jalankan juga kembali merambah ke offline activation. Berkarir di dunia branding sejak tahun 2012, offline activation sebenarnya adalah salah satu strength FULLSTOP sebagai creative agency. Bagaimana tidak, di tahun 2012, belum ada lho yang namanya Instagram, TikTok, Shopee, dan lain sebagainya. Mau branding atau marketing? Caranya adalah offline marketing activation! Dan hal ini pula yang kembali kami lakukan sebagai creative agency Surabaya yang kembali memanas setelah lebih dari 2 tahun fokus di digital / social media activation saja.

Beberapa event marketing pun FULLSTOP jalankan sesuai dengan kebutuhan marketing dan branding strategy client. Contohnya seperti FUKUMI. Di ranah digital, ada program Inner Circle with coach Hansboling yang mulai di bulan Agustus, kemudian di bulan Oktober kembali bekerja sama lagi dengan coach Regina dalam program FIT with FUKUMI. Di ranah offline pun, FULLSTOP sebagai official branding agency dari brand beras porang Indonesia ini juga all out. Mulai dari kegiatan 3rd Anniversary Badminton Corner Play, OCBC Woman Warrior Run, hingga Roadshow Menyusui Mom Uung. FULLSTOP sebagai official branding agency brand FMCG nasional ini pun turut menyertai, tidak hanya untuk dokumentasi event saja ya, tapi mulai dari awal banget beserta dengan strategi-strategi marketing serta branding activation yang diperlukan ketika dealing dengan event partner. Walau pun memang menyita waktu cukup banyak karena tim yang dikerahkan lebih banyak, tapi hasilnya setimpal! Crowd yang berhasil mengerumuni FUKUMI di event offline pun tak terhitung jumlahnya – menandakan kesuksesan branding activation dari event marketing yang dirancang oleh FULLSTOP Branding Agency Indonesia.

Selain FUKUMI, tahun ini FULLSTOP juga full support untuk Event Marketing My Yellow Duckling di beberapa tempat. Seperti opening Pop-Up Store-nya di Gion Market Creative Hub (yang masih buka sampai hari ini), bahkan join menjadi salah satu tenant di IKEA Alam Sutera Jakarta! Siapa yang sangka brand UMKM asal Surabaya bisa goes to ibukota bersama dengan FULLSTOP sebagai branding agency dan marketing agency-nya. Dan tentu saja, kesuksesan sales dari event offline ini tidak akan berhasil tanpa dukungan dari digital activation juga – seperti bantuan boost promosi via social media activation hingga melakukan Live Shopping di booth offline!

Dan… pastinya kalau bicara soal event offline, brand viral satu ini tidak boleh lupa untuk di-mention. Bagaimana tidak, dalam 1 tahun, brand franchise mie pedas viral ini bikin SuperSkwad FULLSTOP Branding Agency Indonesia keliling Indonesia lebih dari 16 kali! Yap, brand viral itu adalah Wizzmie. Seperti yang FULLSTOP ceritakan di artikel sebelumnya, brand Wizzmie benar-benar growing tahun ini, bahkan membuka 16 cabang (total 17 cabang baru per tanggal artikel ini keluar) yang tersebar di kota-kota Indonesia. WOW! Dan tentu saja, FULLSTOP sebagai creative agency yang menghandle dari nol saat brand development, sampai sekarang masih berperan aktif untuk menyusun marketing strategy di setiap campaign opening, serta melakukan social media activation yang tepat. Bahkan ikut keliling Indonesia untuk meliput kehebohan opening Wizzmie!

UMKM, FMCG Nasional, Hingga International Brand

Keluarga FULLSTOP Branding Indonesia juga bertambah besar. Selain mendukung branding dan social media activation UMKM, FULLSTOP sebagai branding agency dan creative agency juga kedatangan international brand. Menjangkau audience luar negeri menjadi pembelajaran berharga untuk FULLSTOP tahun ini karena tentunya tidak semudah mengenal customer behaviour di Indonesia. Berawal dari melayani kebutuhan social media management, sampai hari ini FULLSTOP lanjut untuk dipercayai menjalankan social media activation lainnya yaitu ads management. Bahkan, tidak tanggung-tanggung, FULLSTOP sebagai branding agency juga turut serta dalam proses product design lini produk terbaru brand international yang mana audience-nya tidak hanya Asia saja, tapi juga Amerika Serikat (United States), United Kingdom, dan Australia.

Wizzmie & FUKUMI Tembus 100 RIBU Followers

Sama-sama dihandle FULLSTOP dari NOL

Sama-sama VIRAL

Sama-sama juga tembus 100 RIBU Followers tahun ini!

Momen yang membanggakan ini tidak membuat SuperSkwad berpuas diri. Justru, FULLSTOP Branding Agency Indonesia ingin melakukan refleksi. Dan dari refleksi ini, sekali lagi kami diingatkan bahwa IT TAKES TWO TO TANGO. Yes betul, FULLSTOP adalah creative agency dan marketing agency yang membangun brand dari yang awalnya hanya sekedar nama, sekarang bisa menjadi pemain utama di industrinya masing-masing. Namun, kesuksesan kedua brand ini tidak 100% karena andil FULLSTOP sebagai branding agency mereka. Yup, BUSINESS OWNER juga memiliki peranan SUPER PENTING. Mulai dari research & development produk sehingga memiliki USP yang kuat, kerapian operasional sehingga armada siap untuk go big, serta keberanian business owner untuk memajukan bisnis sesuai visi dan misinya. And well… you see the results yourself. Support brand development, branding strategy, marketing strategy, dan social media activation FUKUMI dan Wizzmie sukses mendapatkan animo followers hingga kini sudah tembus 100K followers!

Dan pastinya, FULLSTOP Branding Indonesia akan terus konsisten dan berinovasi agar pencapaian Wizzmie, FUKUMI, dan brand-brand client FULLSTOP lainnya tidak berhenti sampai di sini saja.

Branding Agency Si Paling Sering Travelling: Mulai dari Bali sampai Turki

Kalau teman-teman mengenal anggota SuperSkwad secara personal, dijamin deh, isi Instagram Story-nya full bepergian di tahun 2023 ini!

Bagaimana tidak, banyak sekali client-client non-Surabaya yang membutuhkan kehadiran tim FULLSTOP in person. Dan tentu saja, sebagai branding agency mereka apa pun yang client butuhkan, FULLSTOP Creative Agency dari Surabaya pun bakal terbang ke tempat client.

Salah satunya adalah Bali. Destinasi pariwisata yang paling digemari baik oleh turis lokal maupun mancanegara. Bagi tim FULLSTOP, Bali hanyalah tempat kerja mungkin ya, hehe. Yap, salah satu client social media management kami, berdomisili di Bali. Dan tahun ini, tim FULLSTOP pun beberapa kali mengunjungi restoran babi bernama WAHAHA (yup, that’s our client!) untuk produksi foto dan video sebagai bagian dari social media management dengan FULLSTOP Branding Indonesia.

Selain WAHAHA, seperti yang sudah diceritakan di awal artikel, ada pula tim yang traveling keliling Indonesia. Mulai dari tim video production, content creator, KOL management, semuanya siap hadir di setiap opening Wizzmie di kota Indonesia mana pun. Wizzmie Bandung, Wizzmie Makassar, Wizzmie Bali, Wizzmie Palu, Wizzmie Malang, Wizzmie Jember, Wizzmie Probolinggo, Wizzmie Mojokerto, semua FULLSTOP kunjungi agar opening tetap sesuai dengan marketing strategy.

Dan… rekor shift SuperSkwad terjauh adalah travelling sampai ke Turki!

Yap, senior art director FULLSTOP Branding Agency Indonesia pun sampai rela meninggalkan pekerjaan kantor demi melakukan kebutuhan shooting dan produksi konten jalan-jalan reseller FUKUMI di Turki. Hasilnya? Well, lihat sendiri di Instagram FUKUMI. Siapa pun yang nonton video FUKUMI jadi merasa ikutan jalan-jalan bareng di Turki!

LIVE Shopping Hingga Omset Tembus Ratusan Juta

Melakukan live shopping memang sudah FULLSTOP lakukan sejak tahun 2022. Tapi di tahun ini, metode jualan secara digital semakin memanas hingga tidak mungkin dong FULLSTOP sebagai marketing agency brand-brand client tidak ikutan boost sales via live shopping. Di dalam 1 platform sendiri saja, total omset dari live shopping bisa tembus ratusan juta! FULLSTOP Branding Indonesia sebagai official agency partner dan TikTok Shop Partner pastinya bangga karena tim SuperSkwad sangat all out memaksimalkan sales untuk client-client baik UMKM maupun brand nasional.

LIVE ini memang susah-susah gampang. Karena teknik yang diperlukan bukan sekedar bisa ngomong saja, tapi dari sisi host, juga harus pintar-pintar membaca situasi dan traffic audience agar bisa meningkatkan urgency audience agar segera melakukan sales via live shopping. Apalagi, host juga harus punya stamina yang kuat! Yap, stamina kuat untuk terus berbicara dan tersenyum selama durasi live. Stamina yang kuat untuk melakukan live shopping berulang kali, bahkan sampai tengah malam sekalipun.

Di FULLSTOP, mungkin karena sudah terbiasa dengan sistem kerja kami sebagai branding agency, di tiap live juga ada yang namanya Analyst. Dan peranannya di sini sangat penting, bukan hanya untuk brief host, tapi juga membaca data serta memprediksi behaviour audience. Dengan demikian, FULLSTOP sebagai marketing agency live shopping bisa mengusulkan promo yang tepat, mengagendakan tanggal dan jam live yang tepat, dan hasilnya… well of course peningkatan sales.

Tidak kaleng-kaleng, social media activation atau boleh kita bilang “marketplace” ini juga dikemas dengan program EXCLUSIVE LAUNCH via live. Adanya boost traffic dari perjanjian dengan platform serta content marketing yang pas, omset di bulan tersebut naik hampir 40%.

Dan FULLSTOP Creative Agency Surabaya tidak berhenti di situ saja. Seperti biasa, kami tidak berpuas diri meski sudah menguasai live shopping di TikTok dan Shopee. Boleh dibilang, brand-brand client di bawah naungan creative agency FULLSTOP ini adalah salah satu yang pertama kali memanfaatkan live shopping di Tokopedia dan Lazada!

Secara omset?

Well, yang perlu teman-teman tahu adalah client-client FULLSTOP sangat happy dan puas dengan hasilnya.

What’s Next?

Banyak sekali ternyata pencapaian-pencapaian yang patut dibanggakan oleh segenap keluarga FULLSTOP Branding Indonesia, baik itu besar dan kecil. Learning points yang harus dilalui untuk mencapai titik ini juga tentunya ada, dan itulah yang memotivasi SuperSkwad agar bisa semakin maju.

Maju secara personal.

Maju untuk bersama-sama growing dengan brand client.

And we’ll never stop learning.

Mau tahu apa saja hal-hal baru atau goal-goal baru yang akan FULLSTOP pelajari dan taklukkan tahun depan?

Tunggu artikel berikutnya ya!

Back To List Blog