End of Year Recap Marketing Strategy FULLSTOP untuk WIZZMIE Tahun 2023

End of Year Recap Marketing Strategy FULLSTOP untuk WIZZMIE Tahun 2023

Posted by Fullstop Indonesia on 23 December 2023

Di penghujung tahun 2023 kali ini, FULLSTOP Branding Indonesia sebagai Official Creative Agency salah satu brand MIE PEDAS VIRAL Wizzmie, ingin mengajak teman-teman untuk napak tilas sejenak.

Napak tilas pencapaian-pencapaian yang berhasil kita lalui bersama-sama untuk Wizzmie.

Napak tilas wajah-wajah baru yang kita temui dengan dibukanya outlet-outlet Wizzmie baru.

Napak tilas marketing strategy dan social media activation apa saja yang sukses membuat Wizzmie selalu viral di setiap opening-nya.

Jika dianalogikan seorang manusia, Wizzmie sekarang masih berusia 1 tahun. Satu setengah tahun, to be exact.

Masih muda sekali, tapi selalu viral.

Masih muda sekali, tapi selalu bikin orang HEBOH MELULU karena tidak sabar makan Wizzmie terus-terusan di dekat rumah.

Yang jelas, yang patut disyukuri bersama-sama dalam perjalanan ini adalah, 20 outlet Wizzmie telah tersebar di Indonesia dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun!

Bangga? Lebih tepatnya terharu, sih.

FULLSTOP Branding Agency Indonesia yang melihat sendiri bagaimana Wizzmie dulunya hanyalah sebuah nama dan visi dari sekelompok family business owner. Tapi dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun, Wizzmie telah menjadi sebuah brand franchise mie pedas viral yang memiliki porsi cukup besar di market share industri ini.

FULLSTOP Branding Indonesia makin growing, begitu pula dengan Wizzmie yang bertumbuh bersama-sama dengan creative agency Surabaya satu ini.

Dan pertumbuhan Wizzmie ini tentu saja bisa terjadi (and will keep growing!) karena usaha dari business owner, top management, staff dan seluruh tim Wizzmie (dan salah satunya FULLSTOP Branding Indonesia sebagai social media management agency dan creative agency untuk marketing). Satu lagi, tidak lupa, pertumbuhan Wizzmie yang sangat pesat ini tidak luput dari dukungan dan antusiasme teman-teman sekalian – bahkan mungkin Anda salah satunya!

This is exactly what FULLSTOP Branding Indonesia envisioned when we first created and went through the brand development process for Wizzmie.

FULLSTOP Creative Agency Surabaya dari awal membuat konsep bagaimana brand identity Wizzmie bisa selalu relate dengan audience. Bahkan dari pertama kali buka di Jemursari pun, social media activation berupa influencer marketing juga sudah dilakukan dengan strategi yang tepat hingga viral – langsung FYP TikTok bahkan ketika Wizzmie baru saja posting.

Yang jelas, marketing strategy yang dikemas oleh FULLSTOP Branding Indonesia tidak sampai di situ saja. Tahun ini, Wizzmie berkembang sangat pesat dan buka cabang di mana-mana. Dan tentunya marketing strategy dari FULLSTOP tidak boleh itu-itu saja.

Kalau ditanya, “apa saja sih strategi marketing Wizzmie?”

atau.. “Bagaimana caranya supaya bisa viral seperti Wizzmie?”

Well, kamu beruntung.

Artikel yang sebenarnya bertajuk nostalgia ini akan bahas sedikit cara-cara FULLSTOP Branding Agency Indonesia men-support Wizzmie hingga viral.

Marketing Campaign yang Tepat

Di setiap opening Wizzmie dan promonya yang berjalan selalu FULLSTOP selipkan campaign yang sesuai dengan USP Wizzmie dan target marketnya. Sebelum membahas lebih dalam, sebenarnya marketing campaign tuh apa sih?

Melansir dari Danacita, marketing campaign merupakan keseluruhan acuan strategis baik dalam bentuk digital advertisement, social media marketing, dan event marketing pada sebuah brand. Tujuan utama marketing campaign dilakukan tentunya selain untuk meningkatkan brand awareness, juga untuk mendatangkan leads potential, dan meningkatkan brand dan customer loyalty. Marketing campaign tentunya nggak hanya dapat teman-teman jalankan melalui media sosial ya. Salah satu marketing strategy ini juga dapat dijalankan melalui outdoor advertisement, commercial tv ads dan semua jenis media marketing jadul lainnya.

Perbedaan penggunaan marketing campaign ini pada Wizzmie adalah karena target market Wizzmie merupakan generasi kekinian, digital advertising punya skala yang lebih besar untuk strategi ini.

Back to the topic, memangnya marketing campaign FULLSTOP untuk Wizzmie apa aja sih?

FULLSTOP sebagai creative agency Wizzmie yang berperan untuk support campaign di setiap opening tentunya perlu putar otak dan melakukan research untuk mendatangkan antrian mengular. Nggak sekadar campaign, bukan juga sekadar asal pilih Key Opinion Leader, FULLSTOP Branding Agency Indonesia selalu punya alasan dan goals di balik sebuah campaign.

Sadar atau tidak, sebenarnya FULLSTOP selalu menggunakan viral marketing untuk mempertahankan brand recognition Wizzmie sejauh ini. Dimulai dari headline copy yang dibrief ke KOL, sampai konten-konten social media activation yang juga tetap menyuguhkan sisi entertain Wizzmie agar tetap menarik perhatian customer loyalnya. Melihat bagaimana antusiasme dari audience Wizzmie yang selalu ikut HEBOH di setiap momen, maka FULLSTOP sebagai creative agency membuat hal ini sebagai peluang. Semakin Wizzmie viral, maka semakin OKE untuk menggunakan viral marketing yang terkadang bikin sensasional. Konsep social media activation yang tidak lazim ala FULLSTOP Branding Indonesia ini justru membuat Wizzmie tidak pernah kehilangan waktu dan tidak pernah kehilangan perhatian dari penggemarnya. Bahkan… sampai ditunggu-tunggu untuk opening Wizzmie selanjutnya!

Selain viral marketing, audience Wizzmie juga turut jadi brand persona yang juga merupakan pemeran utama. Maskot dan warna Wizzmie yang mencerminkan “anak muda banget”, nggak boleh jauh-jauh dari konsep yang juga digandrungi mereka. Contohnya seperti penggunaan copy “Bjir”, “Senggol Dong Boss!”, “Bercandyaahh”.

Hal ini tentu menjadi akurasi FULLSTOP Branding Agency Indonesia agar Wizzmie juga tetap ‘relate’ dan ‘dekat’ dengan audience. Selain viral marketing, plot twist marketing juga terkadang FULLSTOP pakai di beberapa campaign. Untuk mentrigger audience biar makin kepo, sepertinya sejauh ini kedua marketing ini cukup nampol sepanjang tahun 2023.

Sepanjang tahun ini juga, Wizzmie telah buka cabang baru sebanyak:

  1. Wizzmie Sukomanunggal
  2. Wizzmie Tunjungan
  3. Wizzmie Bandung
  4. Wizzmie Malang
  5. Wizzmie Mojokerto
  6. Wizzmie Probolinggo
  7. Wizzmie Jember
  8. Wizzmie Makassar
  9. Wizzmie Sidoarjo Pusat
  10. Wizzmie Pasuruan
  11. Wizzmie Bali
  12. Wizzmie Stasiun Kota Surabaya
  13. Wizzmie Palu
  14. Wizzmie Diponegoro Surabaya
  15. Wizmie MERR Surabaya
  16. Wizzmie Mojosari
  17. Dan dalam minggu ini, masih ada Wizzmie Bali kedua di Teuku Umar!

Kira-kira Wizzmie akan buka dimana lagi ya? Hayo tebak!

Konsisten dengan Brand Identity & Brand Value Wizzmie

Tidak hanya marketing strategy dan social media activation saja yang dipikirkan FULLSTOP selaku creative agency Wizzmie, tapi juga branding strategy. Sedari awal membuat brand identity Wizzmie, FULLSTOP memang benar-benar memperhatikan bagaimana seorang Wizzie dan Chillie akan dapat direpresentasikan dengan tepat dan secara long-term.

Meskipun warna dari brand identity cukup NORAK, namun justru warna-warna inilah yang menjadi pengingat bahwa Wizzmie itu UNGU, PINK, KUNING, dan MERAH.

Dan… FULLSTOP selalu konsisten dengan pedoman brand identity yang tidak lain dibuat oleh tim brand development FULLSTOP Branding Indonesia.

Setiap content social media Wizzmie yang dihandle oleh FULLSTOP, akan selalu ada maskot Wizzmie yang catchy dan terpampang di sana. Di setiap contentnya, ada juga logo Wizzmie dan tagline #nge-mie yang dimunculkan. Bahkan, slogan-slogan yang trendy seperti “MIE MIE MIE”, dan “EAT, MIE, REPEAT” juga jadi ciri khas Wizzmie yang tidak pernah ketinggalan – baik pada social media activation maupun offline application (alias dekorasi outlet). Dan hal inilah yang membuat brand Wizzmie sukses mengena di target audience!

Back To List Blog