Kilas Balik 2022 FULLSTOP Branding Agency Indonesia: Part 1

Kilas Balik 2022 FULLSTOP Branding Agency Indonesia: Part 1

Posted by Fullstop Indonesia on 29 December 2022

Wah, nggak nyangka ya, kita sudah di penghujung tahun 2022.

Rasanya baru aja tahun baruan, baru aja FULLSTOP anniversary yang ke-10, eh… sekarang sudah mau ganti tahun lagi. Walaupun waktu ini terasa cepat banget, tapi kalau kita kilas balik perjalanan FULLSTOP Branding Agency Indonesia di tahun ini, rasanya bak bertahun-tahun sudah lewat. Gimana enggak, project dan milestone yang dicapai tahun 2022 ini ada banyak banget!

Tentunya, semua itu bisa terjadi karena team #SuperSkwad yang berdedikasi dan komitmen banget dengan apa yang dikerjakan, serta dukungan para client yang sudah mempercayakan project-nya di creative agency kami.

Sambil menunggu New Year’s Eve Countdown, yuk kita bernostalgia sebentar, mengingat-ingat kembali project-project seru FULLSTOP Indonesia di tahun 2022.

FUKUMI: Menjadi Brand Beras Porang #1 di Indonesia

Meskipun baru saja menginjak umur 1 tahun, FUKUMI telah menjadi pilihan nasi porang nomor satu di Indonesia, bahkan mancanegara. Pencapaian ini tentunya berkat dukungan dan kesetiaan audience terhadap brand FUKUMI. Memang, produk satu ini dibanderol dengan harga yang tergolong tidak murah. Namun, berkat penyampaian product knowledge, social media activation, dan branding strategy yang tepat oleh tim #SuperSkwad FULLSTOP Branding Agency Indonesia, FUKUMI bisa meyakinkan masyarakat bahwa produk beras porang ini memang worth it harganya. Tidak mudah lho meyakinkan orang Indonesia untuk berpaling hati dari nasi putih biasa. Tapi untungnya, FULLSTOP bukan sekedar social media agency biasa. We went the extra mile untuk mencari tahu apa sih yang bakal bikin masyarakat mau beralih hati ke beras porang? Dan… jawaban dari pertanyaan inilah yang menjadi digital campaign FUKUMI. Didukung dengan visual konten yang mengena dan mudah dipahami, pesan dari kampanye ini pun bisa tersampaikan dengan efektif. Apalagi FULLSTOP juga menggandeng influencer dengan profile dan audience yang tepat. And look what happened. Masyarakat memberanikan diri untuk mencoba beras porang FUKUMI, jatuh cinta dengan kepraktisan dan manfaat beras FUKUMI, dan tidak mau berpaling ke beras lain lagi deh!

Itu semua bisa terjadi berkat persiapan brand activation dan digital marketing yang matang, bukan asal-asalan. Market research, SWOT analysis, semuanya dilakukan di awal sebagai bahan pertimbangan membuat brand persona. Target audience pun juga dikerucutkan hingga spesifik profile-nya agar brand activation mengarah ke goal yang jelas untuk memberikan hasil yang nyata.

Menyusul kesuksesan campaign di Instagram dan offline marketing activation, FUKUMI pun mempercayakan FULLSTOP Indonesia (melalui divisi FULLSIGHT) untuk aktivasi di TikTok juga. Eits… bukan sekedar produksi konten saja. Tapi juga untuk mengatur strategi marketing TikTok Shop melalui program Affiliator dan LIVE. Kalau ditanya, “memang FULLSTOP ngerti apa tentang TikTok?”, ya… pada awalnya semua orang juga belajar dari 0. Kami mempelajari seluk beluk Affiliate Marketing. Kami belajar cara bikin LIVE yang menarik. Kami mencari strategi beriklan yang efektif. Dan semua informasi ini diolah untuk membuat strategi yang paling cocok untuk FUKUMI. Hasilnya? Coba lihat sendiri deh akun @fukumi.id di TikTok~

Bukan hiperbola, tapi memang benar FUKUMI adalah brand beras porang #1 di Indonesia, kan?

Semua pencapaian ini tentunya berkat kerja keras dan dedikasi seluruh tim, mulai dari project manager, content planner, designer, KOL manager, tim TikTok, dan semua yang turut membantu aktivasi brand FUKUMI.

Wizzmie: 4 Grand Opening di Q3-4 2022

Di tahun ini, FULLSTOP Indonesia juga berkesempatan menjadi salah satu sosok di balik kesuksesan mie kekinian Wizzmie. Untuk brand yang baru berumur 5 bulan ini, FULLSTOP memberikan service berupa synchronized branding – mulai dari brand development, social media activation, KOL management, ads management, hingga creative direction. Branding agency FULLSTOP yang berbasis di Surabaya mengubah Wizzmie yang awalnya hanyalah sebuah nama menjadi salah satu key player di market mie kekinian yang iconic dengan warna ungunya. Yap, brand persona dari Wizzmie yang kamu kenal sekarang adalah hasil branding dari FULLSTOP Indonesia. Lagi-lagi, berkat market research dan audience profile yang tepat, Wizzmie justru bisa memanfaatkan warna ungu & hot pink untuk tampil menonjol dan berbeda – meski kedua warna ini bukan warna “estetik” pada umumnya. But it works. It works perfectly well. Tidak kalah ikonik dengan warna logo Wizzmie yang norak, ada pula maskot Wizzie dan Chillie – si anak muda dengan rambut kribo dan kucingnya. Quote-quote lucu seperti “Are you ready to see mie dancing?” dan “Eat Mie Repeat” juga adalah asset yang kami tuangkan di dalam Brand Guideline. Nah, elemen-elemen dengan value yang konsisten inilah kunci kesuksesan branding Wizzmie.

Di bulan Juli 2022, gerai pertama Wizzmie di Jemursari pun sukses viral di kalangan warga Surabaya dan sekitarnya. Meski antrian panjang, semua rela berbondong-bondong datang untuk nongkrong di restoran mie kekinian baru di kota. Dalam beberapa hari saja, followers sudah mencapai angka 3,000 di Instagram. Di platform TikTok pun, Wizzmie juga ramai jadi bahan perbincangan. Videonya yang sering FYP (bahkan mencapai 1M+ views dengan konten Super Wizzie) membuat brand Wizzmie jadi melekat di hati masyarakat. Kira-kira 1 bulan kemudian, Wizzmie lagi-lagi membuat heboh warga Surabaya, bahkan Gresik juga, ketika mengumumkan gerai kedua yang berlokasi di Lidah Kulon. Tidak berhenti sampai di situ saja. Selang beberapa bulan, Wizzmie membuka gerai ketiga di Rungkut! Dan tampaknya, antusiasme masyarakat begitu besar, karena walaupun jaraknya berdekatan dengan Wizzmie Jemursari, keduanya masih tetap full ramai dari pagi sampai malam. Dan yang bikin kaget, bahkan FULLSTOP Indonesia sebagai creative agency-nya pun sampai tercengang, yaitu pembukaan gerai keempat selang beberapa minggu saja di Sidoarjo.

Bayangin aja tuh, se-hectic apa minggu-minggu tim #SuperSkwad di FULLSTOP Indonesia. Grand opening terus-terusan dalam kurun waktu 5 bulan! Rekor ini patut diacungi jempol nggak sih guys?

Kalau diingat-ingat, hebat banget ya tim #SuperSkwad yang berani ambil tantangan dan berkomitmen banget untuk menyukseskan keempat Grand Opening Wizzmie ini. Mulai dari project manager, content planner, designer, semuanya deh – terutama para KOL manager yang selalu menemukan influencer paling tepat untuk Wizzmie.

Nah, sekarang kamu lihat sendiri kan bagaimana brand persona yang pas dan digital marketing strategy yang tepat bisa membantu kesuksesan business?

Yellow Duckling: From Reel to Real

Sudah bersama dengan creative agency FULLSTOP Indonesia sejak didirikan tahun 2019, di tahun ini, Yellow Duckling membuat milestone baru: yaitu offline brand activation!

Dimulai dari pertengahan tahun 2022, Yellow Duckling yang semakin aktif di TikTok dengan melakukan aktivasi berupa Live dan Affiliate Marketing, penggemar karakter itik kuning yang lucu ini pun bertambah banyak. Nggak hanya anak-anak kecil aja lho, para remaja bahkan orang dewasa Gen X pun juga terpincut melihat tingkah laku boneka Itik yang kerap muncul di video FYP TikTok Yellow Duckling. Aktivasi branding & marketing ini awalnya hanya berupa partisipasi Yellow Duckling di bazaar Kepo Market. Bazaar 3 hari ini membuat brand awareness melesat naik. Bahkan di salah satu event, rasanya hampir tiap orang keluar dengan membawa merchandise Itik! Jangan salah mengira, mayoritas dari mereka mendapatkan boneka secara cuma-cuma alias GRATIS. Karena pada saat itu, ada permainan human claw machine raksasa dan merchandise Itik adalah salah satu hadiahnya. Melihat boneka yang menggemaskan ini, siapa sih yang nggak mau ambil, ya kan?

Setelah cukup aktif mengikuti event bazaar, Yellow Duckling beruntung mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi bersama event organizer-nya langsung! Yap, seperti yang kamu ketahui, beberapa waktu lalu ada Itik Wonderland di Galaxy Mall. Itik di event tidak lain tidak bukan adalah Itik-nya Yellow Duckling! Dengar-dengar, karena bertepatan dengan momen menjelang liburan, ramainya bazaar Itik Wonderland bahkan mengalahkan rekor sebelumnya, lho. Apalagi ada performance special dari Itik (sekarang sudah ada versi real-nya!) yang lagi viral di TikTok melalui akun kedua yaitu @ceritaitik . Yap, FULLSTOP Indonesia juga digandeng untuk menggiatkan aktivasi digital karakter lucu satu ini.

Dan ternyata oh ternyata, bak mengobati kesepian karena tidak ada Itik di dunia, Yellow Duckling muncul lagi – kali ini di IKEA Surabaya! Yay~

Mulai dari bulan Desember ini hingga pertengahan Januari, kamu bisa menjumpai gerai Yellow Duckling di Teras Indonesia IKEA Surabaya. Corner satu ini memang diperuntukkan sebagai corner UMKM, dan Yellow Duckling salah satunya. Dibantu dengan social media marketing yang terintegrasi, aktivasi digital dari creative agency FULLSTOP Indonesia ini pun membawa traffic pengunjung untuk menghampiri booth Yellow Duckling di IKEA!

To be continued…

Selain 3 project di atas, apa lagi ya project-project seru yang dikerjakan oleh #SuperSkwad FULLSTOP Indonesia?

Stay tuned untuk Part 2 ya!

Back To List Blog