Itik by Yellow Duckling Meriahkan Puncak Kepo Market 2022

Itik by Yellow Duckling Meriahkan Puncak Kepo Market 2022

Posted by Fullstop Indonesia on 30 November 2022

GEMES BANGETTTTTT….!!!

Hayo ngaku, siapa yang kayak gini juga waktu ketemu Itik di Kepo Wonderland weekend kemarin?

Nggak usah malu-malu, kita semua juga terkena virus demam Itik kok. Nggak cuma anak kecil aja yang rebutan mau foto dan peluk si itik. Bapak-bapak pun nggak mau kalah ikut antri foto bareng bersama Itik yang super menggemaskan ini~

Serius lho ini, nggak bohong!

We saw their reactions firsthand.

Karena FULLSTOP Branding Agency Indonesia-lah yang menemani keluarga Itik meramaikan acara Kepo Market ini.

Kalau ditanya, capek atau nggak kerja jadi creative agency si Itik?

Ya.. pastinya rasa lelah itu ada, apalagi tim SuperSkwad (atau… SuperQuack?) tidak berhenti menggiatkan social media marketing untuk kedatangan Itik di Kepo Wonderland. Tapi, rasa letih itu semua terbayarkan oleh euphoria dan kesuksesan acara. Apalagi ketika kita melihat senyum puas dan bahagia tampak jelas di raut wajah para penonton yang terhibur melihat aksi Mr. Itik, Madame Itik, dan Bebi Itik menguasai panggung Kepo Wonderland. Seneng banget deh rasanya!

Buat kamu yang sekarang jadi fans-nya Itik juga, coba deh tebak. Di tahun berapa Itik “lahir” ke dunia?

Clue: My Yellow Duckling!

Yap, kamu yang sudah mengikuti perjalanan Itik sebelumnya, pasti tahu kalau Itik muncul pertama kali tepatnya 3 tahun yang lalu (2019) sebagai maskot brand My Yellow Duckling. Buat kalian yang sering main TikTok, pasti kalian juga sering menemukan konten-konten Itik yang absurd dan bikin ngakak di laman FYP. Tidak dapat dipungkiri, walaupun baru berumur 3 tahun, Itik cukup populer di dunia social media! Berkat ke-”gemoy”-an Itik, karakter ini pun menjadi tema event Kepo Wonderland, puncak acara Kepo Market di tahun 2022 juga. FULLSTOP Branding Agency Indonesia, yang juga merupakan creative agency My Yellow Duckling pun, akhirnya turun tangan juga untuk mengoptimalkan brand activation munculnya Itik pertama kali di “real life”. Kan selama ini cuma eksis di dunia digital aja tuh, nah sekarang dengan adanya platform event offline, bagaimana nih Itik bisa jadi lebih terkenal dan bikin orang jatuh cinta? This is where FULLSTOP Branding Agency Indonesia comes in.

 

Digital activation akun @ceritaitik

Ibaratnya begini.

Kylie Cosmetics adalah brand milik Kylie Jenner.

Kylie Cosmetics adalah lapak berjualan, sedangkan akun Kylie Jenner menunjukkan kehidupan sehari-hari sang pemilik.

Berbekal konsep dan keinginan membuat My Yellow Duckling menjadi brand seperti ini, maka FULLSTOP Branding Agency Indonesia pun membuat 1 akun baru atas nama @ceritaitik. Fungsinya? Sebagai akun “personal” yang menunjukkan kegiatan Itik sehari-hari! Kocak banget sih memang konsepnya, tapi kami percaya bahwa brand activation seperti ini cocok banget untuk brand My Yellow Duckling dan Itik.

Digital activation digerakkan di 2 platform, yaitu TikTok dan Instagram. Sekitar 1 minggu sebelum Kepo Market berlangsung, akun @ceritaitik mulai aktif menunjukkan video-video kesehariannya. Kekocakan dan keabsurdan tingkah laku Itik pun mengundang gelak tawa, sampai konten pun langsung FYP di TikTok.

Berkat viralnya konten-konten Cerita Itik, jumlah pengunjung Kepo Market pun membludak karena semua sudah nggak sabar bertemu Itik~

Games seru perkenalkan merchandise Itik baru

Nggak cuma Bebi Itik, Itik Pilo, dan Itik Bobo aja yang kali ini datang ke Kepo Market. Ada banyak banget merchandise baru yang bisa bikin orang kalap mata. Gimana nggak, semuanya lucu-lucu bangetttt, fix jadi pingin koleksi semuanya!

Supaya launching lini merchandise baru lebih asyik, My Yellow Duckling bersama tim FULLSTOP Branding Agency Indonesia pun melakukan marketing strategy berupa games. Di booth My Yellow Duckling, terdapat claw machine alias mesin capit yang bisa dimainkan oleh pengunjung untuk mendapatkan merchandise lucu karakter Itik. Ada pula booth carnival ala 90an yang disediakan oleh tim panitia Kepo Market, yang mana hadiahnya adalah… lagi-lagi merchandise dari Itik by My Yellow Duckling.

Bisa dibilang, hampir sebagian besar orang yang keluar dari Kepo Wonderland, pasti bawa merchandise Itik di tangannya. Jadi meriah & memorable banget kan acara Kepo Market kali ini berkat Itik by Yellow Duckling?

Menghidupkan persona Itik secara riil

Social media activation sudah.

Marketing strategy untuk sales dan product launch sudah.

Sekarang, tinggal bagaimana caranya personal brand “Itik” bisa lebih melejit sampai melekat di hati para pengunjung Kepo Market?

Jawabannya, seperti yang kamu ketahui, adalah tokoh-tokoh Mr. Itik, Madame Itik, dan Bebi Itik yang “come to life”.

Bayangin aja deh. Kalau Itik cuma muncul sebagai dekor-dekor di Kepo Market, kira-kira acaranya bakal se-boring apa ya? Membosankan banget nggak sih? Dan pengunjung yang belum kenal Itik itu siapa, pasti ujung-ujungnya tidak memperhatikan karakter Itik, tidak peduli dekor-nya dibuat se-menggemaskan apa. Oleh karena itu, diperlukan sosok “real life” yang bisa menghidupkan persona Itik.

Nggak sampai disitu aja, Itik juga membawakan performance yang megah dan bikin pengunjung berjoget ria. Membawakan lagu-lagu pop dari barat, Korea, sampai lagu viral TikTok “Ojo Dibandingke”, Itik menampilkan performance yang heboh dan lucuuuu banget. Even the media can’t get enough of Itik, sampai-sampai performance Itik muncul di koran beberapa kali. Dan tidak pernah sekalipun area depan panggung kosong ketika Itik tampil. Seluruh pengunjung, terutama anak-anak kecil, langsung datang menyerbu untuk mendapatkan posisi terdepan menonton Itik joget-joget. Gen Z, Millennial, bahkan Gen X pun nggak kalah antusiasmenya. Bukannya hiperbola, tapi serius deh, semua kamera langsung menyorot keluarga Itik dari pertama kali Itik masuk ke venue hingga akhir. Berasa artis banget nggak tuh~

Dan… bukan FULLSTOP Indonesia namanya kalau nggak “take it to the next level”.

Creative agency satu ini negosiasi dengan pihak panitia dan mall untuk membawa Itik jalan-jalan keliling mall juga! Benar saja… kemana pun Itik pergi, selalu ramai dikerumuni pengunjung. Bak jumpa fans, sudah tidak terhitung berapa kali Itik diajak berfoto bersama.

Itik by Yellow Duckling bakal ke mana lagi ya?

Sayangnya, Kepo Wonderland yang didukung oleh Itik by Yellow Duckling harus berakhir.

Selama 3 hari, Mr. Itik, Madame Itik, dan Bebi Itik menemani weekend teman-teman semua. Dan dalam 3 hari itu, keluarga Itik mendapatkan banyak dukungan dari teman-teman semua.

Keluarga Itik hanya bisa bilang, “Quack quack quack quack quack!”, yang artinya…

Thank you very much Kepo Market & Surabaya!!

Buat teman-teman yang masih belum bisa move on dari ke-”gemoy”-an Itik, pantau terus aktivitas Itik di Instagram dan TikTok @ceritaitik ya. And hopefully we’ll meet again very soon.

Quack quack!

Back To List Blog