FUKUMI Gencarkan Branding & Marketing di Kepo Market Surabaya Edisi ke-39

FUKUMI Gencarkan Branding & Marketing di Kepo Market Surabaya Edisi ke-39

Posted by Fullstop Indonesia on 19 October 2022

Hey-ho arek Suroboyo, gimana nih keseruan Kepo City of Halloween x FUKUMI weekend kemarin?

Dari tanggal 14 sampai 16 Oktober 2022, Kepo Market mengadakan event bazaar ke-39 di Galaxy Mall Surabaya bertemakan City of Halloween. Dan pada kesempatan kali ini, sponsor utama Kepo Market adalah salah satu client FULLSTOP Branding Agency Indonesia, yaitu FUKUMI.

Kalau kamu bertanya-tanya, kan FUKUMI sudah berskala nasional, ngapain sih FUKUMI pakai marketing strategy seperti ini yang notabene hanya mencakup wilayah kota Surabaya saja? Well, jawabannya adalah, karena dengan sponsorship inilah FUKUMI bisa menjadi lebih dekat dengan komunitas. Semua brand bisa memiliki produksi dan distribusi berskala nasional kalau ada modal yang besar, tapi tidak semua brand bisa menjadi sosok yang diingat dan menjadi pilihan nomor satu audience. Oleh karena itu, FULLSTOP Indonesia sebagai creative agency dari FUKUMI mencarikan cara agar brand beras porang ini bisa berinteraksi dan semakin dengan komunitas.

Dari segi produksi dan distribusi, FUKUMI sudah memiliki footing yang cukup kuat di area Surabaya, mengingat brand beras porang satu ini diproduksi di Jawa Timur. Produk bisa ditemukan dengan mudah di marketplace dan di semua supermarket kelas A-B seperti Hokky dan Papaya. Jadi secara brand activation, orang Surabaya khususnya pegiat healthy lifestyle atau sedang diet sudah familiar banget dengan brand FUKUMI. Nah, berhubung visi FUKUMI adalah menjadikan beras porang sebagai alternatif pengganti nasi untuk masyarakat umum, maka diperlukan marketing activation yang lebih general sehingga dapat menyasar komunitas di luar audience yang sudah ada. Maka dari itu, FULLSTOP Indonesia sebagai creative agency FUKUMI memberikan arahan branding strategy – yang salah satunya adalah sponsorship event bazaar Kepo Market.

Dan terbukti, branding strategy ini efektif.

Kepo City of Halloween x FUKUMI padat dikunjungi orang-orang Surabaya weekend kemarin. Bagaimana tidak ramai, ada ratusan tennant makanan, fashion, dan lifestyle di bazaar satu ini. Banyak banget brand UMKM yang unik dan memiliki “fanbase” sendiri di komunitas Surabaya. Nggak hanya dimeriahkan oleh stan-stan saja, Kepo Market juga semakin ramai dengan adanya pertunjukan-pertunjukan tiap jamnya. Ada showcase musik, nyanyi, tari, dan lain sebagainya dari sanggar-sanggar seni berbasis di Surabaya. Untuk anak-anak kecil, ada spot bermain di balloon playground terbesar di sejarah event bazaar. Menambahkan added-value untuk para pengunjung, Kepo Market juga menjalankan marketing strategy berupa freebies – ada cotton candy, es krim Glico, dan photo booth bertemakan Halloween.

Semakin ramai pengunjung Kepo Market, semakin banyak pula orang-orang yang mengenal FUKUMI.

Salah satu benefit menjadi sponsor event bazaar favorit arek-arek Suroboyo ini adalah platform bagi brand sponsor untuk membuka booth dan menggiatkan marketing activation selama event berlangsung. FUKUMI pun mendapatkan keuntungan tersebut. Kalau teman-teman ke Kepo Market kemarin, teman-teman pasti melewati booth FUKUMI yang besar banget di dekat area panggung. No one would have missed FUKUMI’s booth!

Salah satu branding strategy yang menjadi fokus FUKUMI adalah memperkenalkan benefit dan kepraktisan FUKUMI. Buat teman-teman yang belum tau keunggulan brand beras porang buatan anak bangsa ini, jadi… unique selling point dari brand FUKUMI adalah kandungannya yang 49% tepung porang (kandungan porang tertinggi diantara brand-brand lainnya) dan cara masak nasi yang cukup tuang air panas saja. Nah, kedua poin USP ini harus tersampaikan dengan baik ke seluruh pengunjung Kepo Market.

Apa gunanya sponsorship kalau nama brand cuma didengar sambil lalu tanpa ada bukti nyata ke brand activation dan sales, benar bukan?

Oleh karena itu, untuk memastikan competitive edge FUKUMI ini bisa diketahui oleh orang-orang yang sedang lewat, FUKUMI menjalankan marketing strategy sebagai berikut.

1. Tester nasi porang FUKUMI

Berdasarkan pengalaman selama hampir setahun menggencarkan marketing berupa edukasi produk ke orang-orang awam, pertanyaan yang sering muncul adalah kebenaran apakah nasi porang rasanya benar-benar sama seperti nasi putih biasa. Karena di Indonesia, ada persepsi bahwa nasi sehat memiliki rasa dan tekstur yang aneh sehingga tidak nikmat ketika disantap. Oleh karena itu, untuk menepis semua persepsi yang salah ini, FUKUMI mengerahkan tim SPG untuk berjaga di area stan dan membagikan sample nasi porang FUKUMI kepada pengunjung yang lewat. Strategi hard selling ini diiringi juga dengan brand activation berupa seragam SPG FUKUMI berwarna hijau cerah yang pasti ter-notice oleh semua orang yang berada di area panggung. Sembari menonjolkan rasa, USP kepraktisan FUKUMI tidak lupa untuk di-highlight juga. Ketika sample habis, tim SPG siap membuat sample baru. Cukup tuang air panas, dan puluhan sample siap dibagikan. Dengan demikian, orang-orang awam pun bisa membuktikan sendiri keunggulan beras porang FUKUMi ini. There’s no better way to educate people other than let them experience it themselves.

2. Kolaborasi dengan Raisuboru

Sebagai creative agency yang menangani seluruh branding strategy dan marketing activation FUKUMI, tentunya FULLSTOP Indonesia ingin agar event sponsorship ini tidak hanya sekedar “buang uang” saja, tapi bisa menunjukkan hasil tangible yang optimal. Oleh karena itu, agar product sampling semakin menarik, FULLSTOP Indonesia mencarikan brand asal Surabaya untuk berkolaborasi dengan FUKUMI. Tentunya, proses seleksi dan kurasi harus direncanakan matang-matang supaya produk yang dijual pun bisa meng-highlight nasi porang FUKUMI, tapi tetap memberikan benefit untuk brand UMKM. Dan akhirnya, FUKUMI menggandeng salah satu brand UMKM asal Surabaya yang terkenal akan masakan Jepang-nya. Yap, Raisuboru! Spesialis sushi satu ini berjualan di area gerai FUKUMI di Kepo Market kemarin. Ada sushi, inari, semua masakan Jepang yang berbahan dasar nasi deh pokoknya. Pakai nasi apa? Ya nasi porang FUKUMI dong pastinya.

3. Promosi

Disinilah pancingan untuk membuat orang-orang berani melakukan transaksi. Kalau dalam dunia marketing, ada yang namanya marketing tunnel berbentuk segitiga terbalik. Awareness, Consideration, dan Conversion. Awareness sudah didapatkan dari nama brand FUKUMI yang terpampang di seluruh media promosi Kepo Market dan social media activation yang mengiringinya. Consideration sudah didapatkan dari strategi product sampling dan edukasi product knowledge selama event berlangsung. Nah, untuk mendapatkan conversion, maka dibuatlah program promo yang memantik impulse buying pengunjung. Kalau nggak percaya, coba deh survey sendiri. Kami yakin, harga produk FUKUMI yang dijual di Kepo Market lebih murah daripada harga yang kamu temukan di supermarket maupun online marketplace. Selain potongan harga, melihat antusiasme pembeli terhadap sendok takar yang dijual di marketplace, FUKUMI membagikan sendok takar gratis juga dengan minimal pembelian tertentu. Dan… lengkaplah sudah ketiga marketing tunnel.

All in all, Kepo City of Halloween x FUKUMI terselenggara dengan lancar. FUKUMI sukses menggencarkan brand activation dan membentuk massa di kalangan komunitas Surabaya membuktikan. Hal ini membuktikan bahwa event sponsorship dengan Kepo Market adalah marketing strategy yang efektif untuk FUKUMI.

Hmm… kira-kira, apa yang bakal dilakukan oleh FUKUMI berikutnya ya?

Cuman tim FULLSTOP Branding Agency Indonesia dan FUKUMI yang tau rencana branding strategy dan marketing activation kedepannya. Yang pasti, beras porang FUKUMI pasti akan menjadi beras masa depan pilihan semua orang Indonesia.

Simak terus perjalanan FUKUMI ya!

Back To List Blog