Musik untuk Branding?!? Penting gak sih??

Musik untuk Branding?!? Penting gak sih??

Posted by Fullstop Indonesia on 30 March 2022

Sadar atau tidak, di dunia marketing dan advertising sekarang ini, terutama saat dimana dunia daring didominasi oleh karya-karya visual dan hal tersebut menjadi populer, kebutuhan untuk menemukan musik yang tepat bagi produk kita benar-benar dibutuhkan. Jadi, buat kamu para Branding Agency, Social Media Agency, atau Creative Worker, musik haruslah menjadi salah satu perhatian untukmu jika sedang berkutat dengan sebuah produk atau jasa. Seorang professor dari School of Music di Ohio State University, David Huron, sempat menulis bahwa dalam hal penggunaan musik di periklanan dan branding, musik dapat melayani tujuan promosi secara keseluruhan dalam satu atau lebih dari beberapa kapasitas. 

Lalu bagaimana musik dapat membangun value dari sebuah produk? Eric Sheinkop, co-writer dari buku Hit Brands: How Music Builds Value for The World’s Smartest Brands mengatakan: “Musik membawa value pada sebuah produk dalam 3 hal: Identitas, Engagement, dan Masa Berlaku. Secara spesifik, gunakan musik untuk menampilkan koneksi emosional dengan konsumen, meningkatkan rekognisi dari produk, menciptakan kegembiraan melebihi dari produk tersebut akan bisa memotivasi konsumen, memberikan mereka konten-konten yang valuable untuk dibagikan. Musik dapat menciptakan value yang dibutuhkan sebuah merek untuk memenangkan perhatian dan membangun koneksi yang murni antara merek dan konsumennya. Saat dipakai dengan benar, tidak hanya musik akan menciptakan keterikatan tapi juga pengaruh yang kuat pada konsumen.”

Dari sini, kita bisa melihat pentingnya musik untuk project di branding agency anda!  Peranan musik dalam branding dapat menyentuh konsumen secara emosional dan menciptakan keterikatan antara konsumen dengan merek tadi walau memang tidak hanya musik saja yang berperan penting.

Itu tadi adalah penjelasan tentang bagaimana musik dapat membangun value dari sebuah produk. Namun, bagaimana peranan musik dalam sebuah campaign atau bahkan iklan video?

Masih mengutip dari Eric Sheinkop, Musik dikatakan mengambil peranan sama pentingnya dengan apa yang dihadirkan di layar atau dalam hal ini materi visual branding. Musik adalah koneksi emosional dari sebuah karya visual. Musik yang tepat akan membuat visual yang ditampilkan lebih bermakna dan produk yang ditampilkan akan terasa lebih berarti. Musik adalah sesuatu yang membuatmu menoleh saat iklan sedang ditayangkan di TV walau kamu sedang sibuk dengan pekerjaan lainnya. Selain itu, musik juga membuat orang membicarakan kampanye yang ditampilkan hingga membagikan kampanye tersebut.

Dari kutipan tadi, terlihat bahwa musik mengambil peranan penting untuk dapat memperkaya materi visual branding sehingga lebih menarik bagi para penontonnya. Jika poster atau karya visual branding yang dicetak sangat bergantung pada menariknya kata dan gambar yang ditampilkan, saat berbicara tentang visual yang bergerak, musik menjadi satu ‘missing link’ yang harus ditambahkan. Walau begitu, pemilihan musik juga harus tepat. Karena hal ini akan berpengaruh besar terhadap performa dari kampanye yang akan dijalankan ke depannya.

Eric Sheinkop juga memberikan pendapatnya tentang hal ini: “Template klasik yang selalu dilakukan oleh merek adalah menggunakan musik dengan cara berpikir layaknya fans. Lebih spesifik, mereka tidak memilih musisi yang cocok dengan produknya, alih-alih memilih musisi yang mereka sukai, terkenal daripada yang disuka oleh konsumen dan yang cocok untuk merepresentasikan personality dari merek dan value perusahaan.” Untuk lebih detailnya, baca terkait Personal Branding atau Brand Persona di artikel kami sebelumnya.

Dengan pola pikir ini, Eric mengatakan bahwa kampanye yang sedang direncanakan bisa menjadi sia-sia.  Mungkin jika bisa disummary, sebagai pelaku Branding Agency Indonesia, yang mempercayai kekuatan Integrated Branding Services, peranan musik tidak bisa dilepaskan dari Branding / Visual branding / Social Media Management yang dijalankan. Ibaratnya saat membuat Campaign sebuah Brand, baik itu Family Business ataupun Brand international, elemen musik menjadi salah satu peranan penting yang harus diperhatikan.

Jadi, mulai sekarang, jangan meremehkan pentingnya musik untuk kampanye yang bakal kamu buat ya! Masih bingung? Segera hubungi PIC kami dan follow juga akun Instagram dari Fullstop!

Back To List Blog