MAU VIRAL? Yuk intip Cara Viral di Tiktok! (Bagian 1)

MAU VIRAL? Yuk intip Cara Viral di Tiktok! (Bagian 1)

Posted by Fullstop Indonesia on 05 March 2022

Di tahun ini, nama TikTok sudah pasti tidak asing lagi di telingamu. Tidak heran memang, karena di tahun ini, pengguna TikTok sudah mencapai lebih dari 750juta pengguna bulanan. Ini merupakan kenaikan yang drastis sejak tahun 2020 dan 2021. Oleh karenanya, sekarang ini TikTok menjadi salah satu aplikasi terbesar di dunia. Selain menjadi aplikasi terbesar, TikTok kini juga secara tidak langsung menentukan trend yang terjadi di dunia maya termasuk lagu, video, dan tantangan-tantangan unik. 

Terlepas dari apapun jenis bisnis yang sedang kita tangani, family business atau brand skala national, Sebagai seseorang yang bergerak dalam hal Social Media Agency dan Branding Agency, kita juga selalu dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan jaman. Termasuk mengikuti dan mengadaptasi aplikasi yang satu ini. Namun sayangnya, tidak banyak Creative Worker yang mengetahui bagaimana caranya untuk membuat konten yang berpotensi untuk jadi viral di TikTok.

Worries not! Di artikel ini kita akan bahas bagaimana caranya untuk membuat TikTokmu berpotensi jadi video yang viral dengan langkah-langkah mudah yang bisa kamu praktekkan.

Bagian 1 dari 13 langkah mudah untuk membuat TikTokmu viral (dikutip dari recurpost.com):

Buatlah videomu dengan hook yang kuat!

Tahukah kamu kalau di jaman yang ‘serba cepat’ ini kamu harus bisa menangkat perhatian dari audiensmu hanya dalam waktu 3 detik pertama saja? Inilah kenapa content creator penting memberhatikan ‘hook’ yang kuat di videomu. Ini akan membuat audiensmu akan melihat konten video tadi sampai akhir dan tentu akan menambah banyak views untuk videomu. 

Less is more

Seperti yang kita tahu, TikTok merupakan platform video singkat di mana pengguna akan lebih tertarik untuk melihat video yang berdurasi pendek daripada yang panjang. Sebagus apapun pesan yang content creator / branding agency ingin sampaikan dalam sebuah video, jika videomu terlalu panjang, pengguna cenderung tidak akan bertahan untuk menonton keseluruhan videonya. Jika diperlukan, buatlah beberapa part dari videomu dan unggahlah secara berurutan. Atau, kamu juga bisa membuat sebuah series di mana kamu bisa menceritakan suatu topik dengan penjelasan lebih dalam di beberapa bagian.

CALL TO ACTION is the key!

Si content creator dan creative designer sudah memberikan hook yang kuat dengan durasi video yang cukup pendek, lalu zonk karna audince tidak tahu harus ngapain setelahnya? Di sinilah peran ‘call-to-action’ sangat dibutuhkan. Tambahkan di akhir videomu ucapan seperti ‘follow akun ini untuk lebih tahu tentang info kesehatan’ dan sebagainya. Tambahkan juga link yang bisa di klik oleh audiens di biomu yang mengarah ke web atau lainnya. 

Waktu yang tepat

Tentu sebagai Creative Worker, kamu paham betul kalau waktu yang tepat dalam mengunggah konten adalah satu hal yang penting. Itulah yang kamu harus tekankan. Cobalah untuk mencari di waktu mana audiens yang mau kamu tuju menjadi aktif, dan berusahalah untuk mengunggah kontenmu tadi di jam-jam tersebut. Dengan begitu, engagement dari unggahanmu akan lebih meningkat. 

Trending Music is important

Tidak hanya visual, sebagai creative worker penting untuk mengikuti trend audio, alias musik! Di TikTok, musik sudah seperti hashtag di media platform lainnya. Musik di TikTok memegang peranan penting untuk kontenmu dapat ditemukan oleh audiens. Oleh karena itu, carilah beberapa sound yang sedang trending lewat pilihan musik di video editor dalam aplikasi TikTok atau di tab ‘Discover’ di dalam aplikasinya. 

The importance of Story Telling

Sama halnya seperti branding yang memerlukan brand story telling, Pengguna TikTok juga menyukai saat menemukan konten yang mampu menyampaikan cerita dengan baik. Banyak kemungkinan, kalau konten videomu memiliki cerita yang menarik, audiens tadi akan membagikannya ke berbagai kontak atau bahkan ke akun social media mereka. Ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan: menggunakan overlay teks atau buatlah cerita yang ‘menggantung’ agar audiens yang menonton akan semakin penasaran menanti kelanjutan ceritamu.

Pakailah hashtag yang relevan.

Pemakaian hashtag di TikTok masih relevan untuk dipakai di TikTok. Namun, usahakan hashtag yang kamu pakai tidak terlalu general seperti #fyp atau sejenisnya. Carilah hashtag yang spesifik akan produk atau branding purposes yang sedang kamu sampaikan. 

Itu tadi adalah bagian 1 dari 13 langkah mudah untuk membuat video ti TikTokmu viral. Untuk cari tahu tentang langkah lainnya, check artikel kami di unggahan selanjutnya. Butuh konsultasi tentang perkembangan social media dan bagaimana social media management yang akurat di era yang sangat cepat ini? Kamu bisa kontak PIC kami dan jangan lupa untuk follow Instagram FULLSTOP juga.

Back To List Blog