Perhatikan 3 Hal Penting Ini Untuk Temukan Karakter Persona Brand

Perhatikan 3 Hal Penting Ini Untuk Temukan Karakter Persona Brand

Posted by Fullstop Indonesia on 25 May 2021

Pernahkah anda memikirkan bahwa merk bisnis saya seharusnya memiliki karakter spesial?

Jika jawabannya adalah YA maka anda sudah harus memikirkannya lebih serius untuk menemukan ikon representatif bisnis anda.

Fullstop sebagai branding agency Indonesia di Surabaya akan berbagi sedikit pengalaman bagi pelaku bisnis keluarga atau UMKM yang sedang mengembangkan bisnis saat ini. Pertama-tama kita harus pahami bahwa karakter brand adalah bagian terbesar dari kepribadian brand anda sendiri, bagaimana sebuah maskot atau karakter menjadi sangat otentik dan tidak terpengaruh oleh hal-hal diluar fokus brand.

Ini dia langkah jitu anda untuk menentukan karakter atau maskot brand anda dari kacamata creative agency Indonesia:

1. Deskripsikan tiap detil sifat dari brand anda atau yang ingin anda sampaikan pada pasar. Seperti contoh jika anda miliki merek bisnis makanan sosis siap saji, apa saja hal penting dalam produk anda. Apakah itu produk yang praktis, sangat terjangkau oleh pasar, segar, solusi lauk makan anak, disukai tiap lapisan masyarakat,dll. Sebagai pemilik bisnis baik family business atau bisnis kecil lokal anda benar-benar harus melakukan "pembedahan karakter" di awal. 

2. Lalu kemudian, bayangkan di pikiran anda sebagai pelaku bisnis, jika brand anda itu adalah sebuah "persona manusia" seperti apakah karakter orang tersebut? Apakah ia seorang Ibu yang kreatif, berwajah ceria, segar, memakai baju berwarna cerah, dari manakah asalnya, dll. SIlakan anda gambarkan dengan detil bagaimana dan juga bisa didiskusikan bersama tim bisnis kepercayaan anda.

3. Selanjutnya, pikirkan tentang hal-hal yang akan terlontar oleh target pasar atau pembeli produk brand anda. Kesan atau apapun yang menyangkut produk anda, sesuaikan dengan fakta di pasar dan bagimana publik melihat brand anda. Dari segi ini kita bisa mengambil banyak hal untuk diimplentasikan dalam membuat brand persona untuk meningkatkan karakter brand anda.

Tiga poin di atas bisa anda jadikan dasar atau fondasi untuk menemukan persona brand anda untuk lebih menambahkan value pada produk yang anda pasarkan di kancah branding Indonesia. Contoh persona brand yang cukup besar pengaruhnya dan melekat di bayangan konsumen adalah Ronald McDonalds badut ikon dari McDonalds, Colonel Sanders dari KFC, The Quacker Man dari brand Quacker Oats, dsb. Itulah beberapa contoh persona karakter brand yang bisa menjadi contoh anda dalam memberikan referensi kedepan. Jika anda memiliki kesulitan untuk membedah dan membuat brand karakter jangan sungkan untuk menghubungi tenaga profesional yang bergerak di bidang konsultansi brand seperti FULLSTOP yang menjadi branding agency di Indonesia dan sudah membantu banyak klien dari lintas bidang bisnis.

Temukan solusi kreatif branding dan social media management yang anda butuhkan dengan menghubungi kami di email hello@fullstopindonesia.com, atau silahkan mengisi data pribadi anda di kolom "CONTACT US" sebagai branding agency di Indonesia untuk membantu anda dan segala kebutuhan bisnis anda.

Back To List Blog