Image of What We Can Learn from Family Business

What We Can Learn from Family Business

Banyak prinsip yang bisa kita teladani di family business atau perusahaan keluarga. Banyak yang beranggapan bahwa family business itu bersifat konvensional atau lambat mengalami perubahan. Namun, banyak perusahaan keluarga yang bertahan dan berkembang karena memiliki visi dan memegang teguh prinsip. Apa saja sih prinsip yang perlu kita teladani dari family business atau perusahaan keluarga?

 

  1. Perusahaan atau bisnis keluarga memiliki nilai resilience atau ketahanan yang lebih besar daripada perusahaan yang mengutamakan performa

Perusahaan keluarga berbeda dengan perusahaan swasta apalagi multinasional yang dapat diisi oleh orang-orang dengan performa terbaik dan memiliki turnover atau penggantian kepegawaian yang tinggi demi memenuhi kebutuhan perusahaan untuk menjadi yang terbaik. Perusahaan keluarga memiliki orang-orang dengan daya juang yang tinggi dan fokus untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan bersama sebab relasi yang dikembangkan tidak hanya seputar kewajiban dan hubungannya tidak hanya ‘rekan kerja’. Nilai yang mereka junjung adalah kebersamaan dan bukan performa pribadi. Ketika berada dalam krisis atau masa-masa yang sulit, mereka memiliki ketahanan yang lebih tinggi dan memperjuangkan tujuan yang sudah ditetapkan bersama.

 

  1. Mengandalkan kebersamaan dan memiliki rasa kepemilikan yang besar

Para pemimpin dalam perusahaan keluarga memiliki konsistensi terhadap nilai yang ditetapkan bersama. Mereka tumbuh besar dan berkembang dan memahami internalisasi nilai-nilai kekeluargaan yang ditetapkan di perusahaan. Pada perkembangannya, kepemilikan mereka terhadap perusahaan menjadi lebih dari sekadar kepemilikan bisnis. Bagi mereka, perusahaan ini bukan sekadar bisnis. Perusahaan telah menjadi bagian dalam hidup mereka sehingga mereka merasa ‘memiliki’ dan bahkan memperlakukan bisnis itu seolah ‘anak kandung’ mereka sendiri. Menarik, bukan!

 

  1. Bisnis atau perusahaan keluarga punya sistem kepemimpinan: governance, leadership and management.

Dalam sebuah ulasan dari Harvard Business Review, ‘governance, leadership and management’ adalah sistem kepemimpinan yang dimiliki oleh perusahaan keluarga. Jenis kepemimpinan ini dibutuhkan karena ada tujuan besar atau misi besar yang ingin dicapai oleh kelompok guna mencapai stabilitas dalam perusahaan. Jenis kepemimpinan ini cocok untuk perusahaan yang ingin bertahan dalam jangka panjang. Rencana jangka panjang dan komitmen membutuhkan pemimpin yang mau mengerti tujuan bersama, belajar memecahkan masalah, terpilih tapi mau bertumbuh kembang. Pembelajaran kesalahan dari masa yang lampau dan komunikasi yang baik dari generasi ke generasi berikutnya juga bahan yang dibutuhkan dalam sistem kepemimpinan. Memimpin juga disertai dengan sistem leading yang mampu untuk tidak sekadar memimpin tapi juga mengembangkan, mendukung dan berpartisipasi ke dalam sistem. Manajemen yang baik juga mampu untuk mengatur sebuah sistem supaya bergerak dan dimanfaatkan dengan benar oleh mereka yang mengoperasikan.

 

Sudahkah Anda mengenal, memahami, dan menerapkan prinsip-prinsip di atas untuk perusahaan Anda sendiri?