Image of What is SEO and Why Should You Care?

What is SEO and Why Should You Care?

Coba tebak, ada berapa blog atau website yang diluncurkan secara online setiap harinya?

Mungkin ada ribuan atau bahkan jutaan laman!

Lalu, diantara sekian banyak laman baru tersebut, bagaimana agar website atau blog Anda bisa ditemukan oleh pembaca dan tidak tertumpuk jauh di bawah laman-laman tersebut?  Di sinilah SEO (Search Engine Optimization) bekerja.

Setelah sebelumnya dibahas mengenai teknik SEO, pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai Teknik White Hat pada SEO.

Seperti yang sudah Anda tahu, Teknik White Hat adalah teknik-teknik SEO yang digunakan sesuai dengan kode etik dari search engine untuk mendapatkan peringkat tinggi pada halaman pencarian, seperti Google, Yahoo!, Bing, dan search engine lainnya. Teknik White Hat sendiri, dibagi menjadi dua cara, yakni On Page SEO dan Off Page SEO.

On Page SEO

Tahukah Anda? Optimisasi website yang dilakukan dari dalam situs web Anda biasa disebut dengan On Page SEO, seperti:

  1. Pilih template yang SEO Friendly
    Pada beberapa halaman website, dapat Anda temukan tampilan yang menarik dan indah. Namun, template tersebut belum tentu memiliki SEO yang kuat, begitupun sebaliknya.

    Template yang SEO Friendly memiliki ukuran file HTML, CSS, maupun Javascript yang ringan dan skrip yang digunakan harus valid sesuai aturan W3C Markup Validation Service. Sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memuat halaman tersebut. Semakin singkat waktu untuk memuat sebuah halaman, semakin senang para pembaca website Anda karena tidak perlu waktu lama untuk menunggu atau bahkan sampai beralih halaman.

    Selain  ukuran yang ringan dan validitas dari skrip yang digunakan, sebuah template yang SEO friendly juga memiliki struktur heading yang rapi dan memiliki navigasi yang baik.
  1. Gunakan Meta Tag
    Meta Tag meliputi judul website, meta description dan meta tags  dalam website Anda. Pemilihan meta tag menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan peringkat website dalam mesin pencari. Setiap halaman dari website/blog Anda harus memiliki judul maupun meta description yang berisi deskripsi singkat dan unik serta mencakup kata kunci utama dari konten yang dimuat.

    Misalnya, jika Anda menulis tentang resep brownies keju yang baru Anda coba. Oleh karena itu, sangat penting jika Anda menggunakan judul halaman website/blog , meta description, dan meta tags dengan menyertakan ‘Resep Brownies Keju’. Anda juga bisa menggunakan judul ‘Resep Mudah Brownies Keju’ atau ‘Resep Brownies Keju untuk Anak-anak’

    Dengan cara ini, setiap kali seseorang ingin mencari resep brownies keju, website/ blog Anda akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk muncul pada peringkat pertama mesin pencari.
  1. Isi Konten
    Hal yang tidak kalah pentingnya adalah konten dari sebuah halaman. Originalitas dari sebuah konten sangat mempengaruhi peringkat sebuah website/blog.

Off Page SEO

Selain dari dalam website itu sendiri, ada cara lain untuk meningkatkan peringkat website /blog Anda secara eksternal, yang dikenal dengan Off Page SEO. Cara ini dapat dilakukan dengan membangun link di website/ blog lain, seperti sosial media (facebook, twitter, instagram) dan forum diskusi, cukup dengan cara meninggalkan sebuah link yang mengarah ke situs Anda. Semakin banyak visitor yang melihat link situs Anda, semakin banyak pula kesempatan untuk mendatangkan visitor ke situs website Anda.