Image of What FULLSTOP Does to Your Brand

What FULLSTOP Does to Your Brand

Mengutip kalimat dari Founder sekaligus Creative Director dari FULLSTOP, Felicia Arista;

“Branding is an intricate and long-term process. It’s almost like gardening: the seeds may not grow overnight, but inch-by-inch until one day you realize your plot has turned into a beautiful garden.”

Branding adalah sebuah proses yang rumit dan membutuhkan waktu panjang. Proses tersebut mencakup berbagai macam elemen dan tahapan yang juga melibatkan banyak peran dari berbagai pihak sehingga hasilnya diharapkan dapat sesuai dengan tujuan besar yang direncanakan oleh setiap perusahaan pemilik brand.  Maka dari itu, FULLSTOP sebagai Creative Agency dan Branding Consultant di Surabaya, Indonesia, memiliki 6 tahapan besar dalam melakukan proses branding untuk hasil yang maksimal, di antaranya sebagai berikut:

Brand Research

Hal pertama yang diperlukan untuk menangani suatu brand adalah dengan melakukan research. Bagaimana profil dari brand tersebut? Bagaimana sebetulnya posisi brand di mata konsumen? Bagaimana segmentasinya? Siapa saja kompetitornya? Apa kelebihan dan kelemahan dari brand tersebut? Dan lain sebagainya. Riset semacam itu nantinya digunakan untuk menentukan desain, metode, dan tools seperti apa yang diperlukan untuk menangani brand mulai dari penentuan strategi, identity, dan lain-lain.

Brand Strategy

Penentuan strategi brand didasarkan pada hasil riset dan pengumpulan data-data yang telah dilakukan sebelumnya. Berbekal data-data tersebut, tim akan merancang konsep, strategi promosi dan event-event apa saja yang tepat yang dapat meningkatkan brand awareness khalayak terkait dengan brand.

Brand Identity

Karena brand butuh untuk dikenal, maka brand tentunya butuh ciri khas yang dapat membuat brand tersebut mampu dibedakan dengan brand-brand lainnya. Salah satu tahapan yang dimiliki FULLSTOP setelah penentuan strategi adalah pembentukan identitas dari brand. Baik itu berupa desain logo, booth, website, media sosial, dan lain-lain.

Brand Planning

Perencanaan eksekusi setiap strategi yang telah ditentukan berada pada tahapan ini. FULLSTOP akan membantu brand dengan merencanakan setiap eksekusi promosi maupun event hingga siap untuk tahap implementasi. Perencanaan-perencanaan tersebut juga mencakup perencanaan konten promosi baik melalui media sosial ataupun event di lapangan.

Brand Implementation

Implementasi dilakukan sebagai tahapan utama di mana tim FULLSTOP akan membantu mulai pelaksanaan promosi baik melalui media sosial, event, maupun bentuk-bentuk promosi lainnya.

Brand Evaluation

Tahapan terakhir yang dilakukan adalah evaluasi, di mana pada tahapan ini semua hal terkait dengan promosi dan penjualan (barang maupun jasa) akan digunakan untuk menilai apakah strategi, identity, dan planning yang telah diimplementasikan telah efektif atau belum. Hal ini dilakukan agar ke depannya proses branding yang dilakukan dapat mengalami peningkatan lebih baik lagi.