Image of Tren Desain Website di Tahun 2018

Tren Desain Website di Tahun 2018

Sebuah website yang memiliki desain menarik dapat menentukan apakah pengunjung akan tertarik dan bersedia meluangkan waktunya untuk mengeksplor sebuah website. Selain itu, desain yang tepat juga dapat membantu dalam meningkatkan peringkat website dalam Search Engine, seperti Google, Yahoo!, dan Search Engine lainnya.

Di Tahun 2018 ini, desain website diprediksi akan berfokus pada pengalaman yang akan diberikan kepada pengunjung website dan juga desain yang bersih serta minimalis akan mulai banyak digunakan pada berbagai website. Berikut beberapa prediksi dari FULLSTOP mengenai elemen-elemen desain website yang akan mulai digunakan di tahun 2018 ini:

MENGGUNAKAN FLAT DESIGN

Flat Design yang dimaksud disini adalah penekanan pada minimalism dan usability. Dengan layout yang minimalis, seperti adanya whitespace pada website Anda akan membantu website Anda untuk menjadi lebih mudah dibaca oleh para pengunjung. Anda juga dapat memberikan desain dengan warna-warna yang cerah, font yang menarik perhatian, dan typography yang ekspresif. Dengan perpaduan yang tepat dari ketiga elemen tersebut akan memudahkan pengunjung website Anda untuk lebih fokus terhadap konten website Anda.

Menggunakan desain yang responsif dan menjadikan mobile sebagai prioritas juga wajib digunakan dalam perkiraan awal sebelum mendesain website Anda, karena semakin hari semakin banyak masyarakat yang mengakses berbagai macam situs, termasuk website Anda dengan menggunakan smartphone dimanapun dan kapanpun mereka berada. Desain yang responsif dapat meningkatkan kemudahan penggunaan dari website Anda sehingga dapat meningkatkan peringkat website Anda pada Search Engine.

INTEGRATED ANIMATION

Seiring kemajuan teknologi browser, lebih banyak situs web yang menggunakan animasi daripada gambar statis untuk pendekatan komunikasi kepada pengunjung website. Animasi-animasi kecil pada font maupun gambar sangat membantu dalam meningkatkan pengalaman pengunjung berinteraksi dengan website Anda.

SHOWOFF WITH VIDEO

Selain menggunakan animasi, Anda juga dapat menggunakan video, sebagai salah satu media yang menarik, ke dalam website Anda. Latar belakang video ataupun strip video merupakan cara yang bagus untuk menampilkan secara visual kisah, produk, atau layanan Anda. Namun, perlu diperhatikan untuk penempatan layout saat Anda menggunakan video sehingga dapat menjadikannya alat yang dapat menarik perhatian dan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama dan mencari tahu lebih dalam mengenai bisnis Anda dan bukan malah mengganggu.

PENGGUNAAN SVG (SCALABLE VECTOR GRAPHICS)

Penggunaan SVG bukan merupakan hal yang baru. Tetapi di tahun 2018, SVG diprediksi akan lebih banyak digunakan pada website-website yang ada. Mengapa? Karena SVG merupakan gambar vector, bukan pixel seperti para pendahulunya, seperti JPG/JPEG, PNG, dan GIF. Sehingga, SVG memiliki banyak kelebihan, diantaranya, SVG memiliki skalabilitas yang tinggi dan dapat menjaga kualitas gambar, serta pada umumnya SVG tidak mempengaruhi kecepatan sebuah website.

Pada tahun 2018, fokus dan tujuan dari pembuatan website, beralih ke pengenalan teknologi baru, memberikan kenyamanan dan pengalaman kepada para pengunjung website, bukan hanya pada versi desktop, namun juga pada penggunaan smartphone dan tablet sehingga dapat diakses dimanapun dan kapanpun para pengunjung website Anda berada.