Image of Tradisi Marketing di Bulan Ramadan

Tradisi Marketing di Bulan Ramadan

Tidak hanya keluarga yang punya tradisi menyambut Ramadan dan Hari Raya, dunia marketing dan branding Indonesia pun punya tradisi Ramadan tersendiri. Sadar nggak sih, FULLSTOPers? Tiap Ramadan, banyak brand berlomba-lomba membuat promo dan menarik perhatian konsumen. Kalau kita sadari banyak sekali brand dan produk yang bermain di dunia branding Indonesia dan menerapkan strategi yang berbeda-beda sesuai jenis produk, kelas dan pangsa pasar mereka. Kali ini, kita ingin bahas beberapa brand di Indonesia yang memiliki campaign cukup menarik di bulan Ramadan tahun ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi kita semua, ya kan? Yuk, disimak!

GO-JEK

Beberapa hari sebelum memasuki bulan Ramadan, akun Instagram @gojekindonesia menghapus bersih feed dan me-remove semua post. Aksi ini berhasil membuat netizen bertanya-tanya. Setelah cukup menjadi perbincangan, tanggal 2 Mei, @gojekindonesia mengunggah post pertamanya yang menjelaskan bahwa feed yang dihapus tadi adalah aksi simbolis untuk membersihkan diri dan kembali fitri seperti esensi bulan Lebaran dan Idul Fitri itu sendiri. Ciamik ya!

Ramayana

Sudah lihat iklan terbaru Ramayana dengan judul ‘Lebaran di Planet Udique’ di kanal Youtube Ramayana? Tiap tahun, Ramayana dengan konsisten menembak momen Ramadan dengan rangkaian iklan yang setema dan disesuaikan untuk target market mereka. Untuk tahun ini, tema Ramayana adalah #kerenhaksegalabangsa dan #kerenhakalamsemesta. Setiap iklan Ramayana terlihat direncanakan dengan baik dan pesan yang dibawa selalu tersampaikan dan dapat dipahami dengan mudah.

Tokopedia

Tahun ini, selain terus gencar dengan iklan yang mengusung konsep short movie, Tokopedia menggandeng KOL Hamish Daud dan Raisa untuk dijadikan bintang iklan Ramadan. Di bulan Mei, Tokopedia juga mensponsori acara TV Semangat Ramadan Ekstra yang menggandeng berbagai artis papan atas di Indonesia termasuk personel Runnung Man, reality show dari Korea. Semangat Ramadan Ektra ini nantinya akan ditanyangkan di beberapa stasiun TV nasional sekaligus. Bisa dibilang, Tokopedia all-out di kesempatan Ramadan tahun ini.

Nah, apa brand Anda turut memeriahkan tradisi marketing dan branding Indonesia tahun ini? Momen
Ramadan merupakan momen tebresar dalam satu tahun di Indonesia. Sebagai marketer dan pelaku
bisnis, kita tidak boleh melewatkan momen ini. Yang perlu diingat adalah untuk selalu mempersiapkan
strategi yang matang sebelum Ramadan tiba.