Image of SOCIAL MEDIA: Kebutuhan Untuk Bisnis dan Branding di Era Digital

SOCIAL MEDIA: Kebutuhan Untuk Bisnis dan Branding di Era Digital

Facebook dan Twitter, merupakan situs jejaring sosial yang memiliki jumlah pengakses terbanyak di Indonesia. Menurut data, Indonesia berada di peringkat ke 4, pengguna Facebook terbesar di dunia, setelah USA, Brazil, dan India. Sedangkan pengguna Twitter memiliki 19,5 juta pengguna di Indonesia dari total 500 juta pengguna global.

Menarik jika membahas tentang social media, pasalnya yang dibahas bukan hanya melulu tentang interaksi satu orang dan orang lainnya. Bahasan mengenai social media bisa jadi meluas, menjadi bahasan antara sebuah usaha bisnis atau suatu instansi yang sedang melakukan pengiklanan ataupun branding kepada khalayak.

Bagi pemilik bisnis, social media bukan hanya menjadi online store, lebih dari itu social media digunakan untuk branding produk atau jasa yang mereka miliki kepada masyarakat luas. Saat ini banyak produk-produk yang ditawarkan melalui social media, mulai dari fashion, kuliner, dan lain sebagainya. Biasanya mereka akan menggunakan foto produk yang bagus, ataupun dengan narasi produk yang dapat mempersuasi orang lain.

Di Indonesia banyak pebisnis pemula atau yang sudah lama sekalipun, menggunakan fasilitas dari Facebook dan Instagram untuk mempromosikan produknya, salah satunya seperti advertising atau lebih dikenal dengan istilah "ads" yang ada pada Facebook dan Instagram, yang memungkinkan penggunanya untuk beriklan secara mudah. Dua social media di atas memberikan kemudahan untuk para pebisnis dalam mengelola iklan yang mereka inginkan, mulai dari tujuan iklan, pemilihan target market, dan penentuan anggaran.

Sekarang, banyak jalan untuk menjalankan bisnis dengan mudah. Apalagi ditambah dengan kemudahan teknologi yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan jutaan orang dari seluruh dunia, melalui social media. Hal ini menunjukan bahwa social media bukan saja menjadi platform untuk mencari teman, lebih dari itu social media memiliki peran penting untuk berbisnis dan branding sebuah produk dengan cara yang mudah.

Fullstoppers, secara tidak langsung hadirnya social media telah mengubah ekosistem branding di Indonesia menjadi lebih beragam. Yuk manfaatkan social media untuk branding dengan seefektif mungkin!