Image of Seberapa Penting Jumlah Followers Instagram untuk Bisnismu?

Seberapa Penting Jumlah Followers Instagram untuk Bisnismu?

Kalau ditanya penting atau tidak memiliki jumlah followers banyak di Instagram, jawabannya bisa iya, bisa tidak. Tergantung tujuan. Kalau untuk personal dan kepo-kepoin akun gebetan mungkin nggak gitu penting. Tapi kalau untuk bisnis online? Yang mengharapkan adanya penjualan? Tentu saja penting. Tapi sekali lagi, seberapa penting? Lebih penting mana juga, jumlah followers atau kualitas followers?

Menghadapi industri yang semakin maju, masyarakat yang semakin konsumtif, dan demand terhadap produk dari berbagai lini juga semakin meningkat pesat, belum lagi dengan kemudahan akses pembelian melalui beragam e-commerce dan juga cara pembayaran yang tinggal klak-klik sana-sini, rasanya akan sangat mudah bagi kita untuk menjawab pertanyaan di awal tadi. Penting atau tidak?

Beragam sistem baru bermunculan, tentu membikin aturan main di dunia marketing, khususnya digital marketing juga berbeda. Dibutuhkan lebih dari sekadar kredibilitas dan ‘pengakuan’ untuk membawa customer ke level loyalitas. Pun dengan banyaknya penipuan yang mengatasnamakan pihak atau online store tertentu, membuat customer wajib untuk selektif sebelum membeli barang. Nah, bagaimana prosesnya seseorang bisa menentukan mau beli baju merk X di toko Y dan memastikan kalau toko itu bukan penipu?

Di sini the number of followers mengambil peran. Saya nggak mengatakan kalau jumlah followers ini menjadi semata-mata tolok ukur kredibilitas suatu bisnis, khususnya yang bergerak di bidang online. Namun, sadar atau tidak, dalam melakukan ‘belanja online’ apalagi yang lewat portal Instagram, rasanya kita semua sepakat bahwa pertama kali yang kita lakukan adalah mengintip (screening) followers mereka. Semakin banyak followers, semakin ‘terlihat’ kredibel online store itu. Baru setelah itu kita melihat jumlah likes, comments, konten yang mereka jual, testimoni yang mereka post, hingga reference dari teman atau kerabat.

Branding. Apa pun akan dilakukan oleh pemilik usaha untuk melakukan ‘pewajahan’ atas bisnis yang mereka bangun. Dan tidak dinafikkan, jumlah followers menjadi salah satu struktur dalam melakukan branding, khususnya branding di Indonesia. Dengan jumlah followers yang banyak, maka capaian atau reach setiap konten yang dipost di akun Instagram, juga memiliki niali yang besar. Efektivitas penyebaran informasi juga semakin luas dan potensi untuk adanya transaksi penjualan juga semakin besar. Namun yang perlu diperhatikan adalah...

WHAT MATTERS MOST IS THE ATTENTION, NOT THE NUMBERS.

Followers banyak namun hasil dari beli dan pasif? Ya buat apa. Maka dari itu sebagai pebisnis, Anda harus detail dalam mengelola akun media sosial terutama yang jadi portal utama bisnis kalian dalam hal ini Instagram. Jumlah followers memang mampu menciptakan kesan bagi brand dan meningkatkan reach dan impression dari kontenmu, tapi tidak menjamin akan meningkatkan engagement. Maka buatlah konten yang menarik, maintain sebaik-baiknya, berdaganglah dengan jujur, dan ciptakan interaksi yang baik dengan customers, maka bisnis Anda tentu akan banyak dilirik oleh orang dan secara otomatis jumlah followers juga akan bertambah.

Sedikit mengutip dari Gary Vaynerchuk, salah seorang investor Facebook, di websitenya, “Followers can be absolutely everything or absolutely nothing.”

Thank you!