Image of Peranan Media Sosial dalam Sebuah Family Business

Peranan Media Sosial dalam Sebuah Family Business

Dalam era digital sekarang ini, peranan media sosial memang sudah tidak bisa dipisahkan dari keseharian kita. Termasuk juga dalam bisnis perusahaan. Bisnis yang sudah berjalan dalam jangka waktu yang lama tentu saja harus mengikuti perkembangan jaman dan juga perkembangan selera konsumen. Pergeseran selera dan gaya hidup inilah yang membuat sosial media menjadi sebuah media yang cukup efektif. Untuk yang masih belum memiliki gambaran, berikut peranan media sosial dalam sebuah family business.

  1. Meningkatkan brand awareness
    Melalui media sosial  yang dipakai seperti Facebook dan Instagram, brand bisnis Anda akan memiliki kemampuan untuk mengumpulkan audience nya sendiri. Konsumen akan lebih mengenal brand secara lebih mendalam melalui info-info yang di share di halaman brand Anda.
  1. Meningkatkan hubungan antara perusahaan dan konsumen (user engagement)
    Media sosial memiliki keunggulan sebagai sarana promosi yang interaktif dan dapat mengundang partisipasi. Sehingga komunikasi antara perusahaan dan konsumen bisa menjadi lebih personal. Dalam post media sosial yang diberikan, konsumen dapat secara langsung merespon melalui kolom komen yang tersedia. Selain itu, konsumen juga bisa memiliki hubungan yang lebih lagi dengan sesama konsumen yang lain sehingga bisa saling berbagi pengalaman dan testimoni.
  1. Marketing berjalan lebih cepat karena menyebar secara viral
    Media sosial yang sudah berkembang dan memiliki followers yang loyal akan mempermudah proses penyebaran info dari perusahaan. Hal ini bisa terjadi karena idealnya sosial media memiliki option untuk me-repost konten yang kita sajikan. Jika ada 1 konsumen saja yang me-repost, postingan itu akan dapat dilihat oleh seluruh follower dari konsumen tersebut. Begitu seterusnya hingga konten yang kita berikan menjadi tersebar dan diketahui oleh range audience yang lebih luas. Hal ini merupaka promosi yang relatif lebih efektif dan praktis untuk sebuah bisnis.
  1. Minim biaya
    Dan yang paling bisa menjadi nilai plus dari penggunaan media sosial adalah minimnya biaya yang dikeluarkan. Platform sosial media yang umumnya digunakan tidak membutuhkan biaya alias gratis, dan benar-benar efektif untuk menjangkau cakupan audience yang luas. Jika ingin lebih lagi, platform  seperti Instagram juga menyediakan fitur sponsored yang merupakan fitur berbayar, yang bisa membuat informasi yang kita sampaikan muncul dan tersampaikan di halaman non-followers akun media sosial Anda yan g merupakan potential market dan dapat disesuaikan dengan target market dari brand sendiri.