Image of Pentingnya Reputasi bagi Brand Anda

Pentingnya Reputasi bagi Brand Anda

Sebelum membahas pentingnya reputasi, mari kita bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan reputasi. Lalu apa bedanya reputasi dengan citra?

Reputasi mencakup nilai-nilai secara keseluruhan yang diberikan oleh khalayak kepada individu, institusi, atau bahkan pada suatu brand. Reputasi tidak bisa dibangun dalam waktu singkat, melainkan memerlukan waktu bertahun-tahun karena reputasi hanya akan bertahan dan menjadi sustainable apabila terdapat kesesuaian antara perkataan dan perbuatan yang dilakukan brand tersebut di hadapan khalayak. Sehingga dapat dikatakan, reputasi itu sendiri kini menjadi efek dasar yang kemudian muncul sebagai faktor penting dalam branding untuk menentukan sikap dan perilaku khalayak terhadap suatu brand tersebut.

Lalu, apa bedanya reputasi dengan citra? Ketika reputasi berbicara tentang nilai-nilai secara keseluruhan yang dibangun dalam waktu yang lama, maka citra hanya berbicara tentang impression atau kesan, nilai-nilai, kepercayaan, atau perasaan seseorang terhadap suatu hal (dalam hal ini brand). Tidak seperti reputasi, citra diciptakan dalam benak seseorang tidak dalam waktu yang lama. Kesan yang timbul ketika seseorang melihat logo suatu brand, produk yang ditawarkan, konsep desain toko yang disajikan, maka hal tersebut akan menciptakan citra dalam benak konsumen yang kemudian dalam jangka waktu yang panjang dan konsisten, akan membangun reputasi merek itu secara perlahan.

Secara singkat, sebuah brand menciptakan citra atau image­-nya yang kemudian digunakan untuk me-maintain reputasi brand tersebut.

Baik citra maupun reputasi, keduanya merupakan unsur penting bagi suatu brand, terlebih bagi perusahaan yang menaungi brand tersebut. Brand yang memiliki reputasi baik akan memiliki lebih banyak keuntungan dari segala sisi salah satunya loyalitas konsumen. Ketika konsumen secara konsisten memperoleh pengalaman yang baik dengan suatu brand, maka konsumen cenderung akan loyal menggunakan produk brand tersebut dan tidak mudah untuk menggantinya dengan brand lain. Bahkan, konsumen juga tidak akan segan untuk merekomendasikan brand tersebut ke teman maupun relasi mereka.

Namun sebaliknya, apabila reputasi suatu brand buruk yang diakibatkan oleh citra maupun pengalaman yang tidak menyenangkan diperoleh oleh konsumen, maka brand tersebut akan dengan mudah kehilangan kepercayaan dari konsumen sehingga mengalami kemunduran dari segi loyalitas maupun bisnis secara umum.

Bagaimana FULLSTOPPERS, sudah memikirkan bagaimana cara membangun reputasi brand Anda dengan baik?