Image of Pentingnya Photo Styling Dalam Branding

Pentingnya Photo Styling Dalam Branding

Dalam dunia branding, menciptakan kesan "cantik" adalah sebuah kewajiban. Karena branding adalah suatu cara untuk menciptakan kesan sempurna melalui simbol, logo, warna, foto dan lain-lain. Melalui branding juga, kita dapat menentukan identitas suatu produk dan membedakannya dengan produk lainnya.

Salah satu cara yang dilakukan dalam branding adalah dengan fotografi. Fotografi sendiri memiliki peranan penting yaitu sebagai media komunikasi visual yang dapat menyampaikan suatu pesan kepada orang-orang yang melihatnya.

Maka dari itu, photo styling sangat penting untuk diterapkan dalam dunia branding. Photo styling adalah suatu cara yang dilakukan agar objek yang di foto dapat menciptakan sebuah cerita. Dalam photo styling, yang dikerjakan bukan hanya mengatur objek yang foto agar terlihat rapi, lebih dari itu, kita dituntut untuk dapat memasukkan emosi dan menyampaikan pesan tentang produk yang dijadikan objek foto.

Berikut beberapa cara untuk menerapkan photo styling dalam branding suatu produk:

Buat konsep untuk foto yang menarik

Memiliki konsep foto yang menarik adalah kunci dari photo styling. Dari sinilah bisa ditentukan bagaimana cara penempatan objek, background atau properti apa saja yang akan digunakan. Selain itu, dengan menentukan konsep kita bisa tahu objek apa yang akan kita tonjolkan dalam foto.

Pilihan warna yang senada

Memilih warna yang senada dalam fotografi, sama pentingnya untuk membangkitkan emosi terhadap orang yang meilhatnya. Menggunakan pilihan warna yang senada untuk foto dapat memunculkan kesan profesional dan bisa memperkuat merek produk. Seperti misalnya, jika melihat foto minuman soda Coca Cola, pasti banyak menggunakan kombinasi warna yang senada yakni merah dan warna gelap.

Berikan nyawa dan sentuhan personal untuk fotomu

Untuk memberikan karakter tersendiri pada foto, fotografer styling dituntut untuk bisa memberikan "soul" dalam foto tersebut. Atau memberikan sentuhan pribadi seperti misalnya sebuah profil, tangan, atau foto angle bahu. Hal ini memungkinkan orang yang melihat foto lebih merasakan terhubung dengan Anda. Selain itu hal ini juga membantu menghidupkan merk yang sedang di branding.

Menjaga konsistensi pencahayaan, komposisi, dan editing

Dalam pengenalan sebuah merk, membutuhkan sebuah konsistensi. Seperti konsistensi pencahayaan, komposisi, dan editing. Biasakan memotret di bawah pencahayaan yang seragam. Untuk komposisi, Anda bisa menggunakan alat peraga atau latar belakang yang sesuai dengan warna merk Anda. Selain itu, untuk menghasilkan efek yang konsisten, dibutuhkan editing foto dengan cara yang sama pula.

Semoga Fullstopers mendapatkan hasil foto terbaik untuk branding yang maksimal!