Image of Pentingnya Memilih Warna yang Tepat untuk Brand Anda

Pentingnya Memilih Warna yang Tepat untuk Brand Anda

Pernahkah Anda mendengar tentang psikologi warna? Teori ini mengatakan bahwa warna dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Dalam studi yang berjudul Impact of Color in Marketing, riset menunjukkan bahwa penilaian orang tentang suatu produk hampir 90%-nya ditentukan oleh warna saja.

Lebih lanjut, studi tambahan menunjukkan bahwa orang cenderung memilih brand yang mudah diingat. Karena itu, pemilihan warna sangat penting dalam menciptakan brand identity. Banyak brand dunia bahkan mendaftarkan warna khas mereka sebagai merek dagang, sepeti Coca Cola (merah dan putih), Tiffany & Co. (biru), dan UPS (coklat).

Well, Anda mungkin bukan designer tapi tak ada salahnya mempelajari dampak pemilihan warna terhadap brand Anda. Yuk, kita simak beberapa warna populer dan kesan apa yang ditimbulkan oleh warna tersebut.

Merah terlihat passionate dan perkasa

Warna merah identik dengan kekuatan dan passion. Selain itu, merah juga bisa diartikan sebagai semangat dan keberanian. Brand yang lekat dengan warna ini misalnya Christian Louboutin, yang terkenal dengan sepatu sol merah mereka.

Pink lekat dengan hal-hal yang manis dan feminin

Warna pink cenderung populer dengan kaum wanita karena terkesan manis dan keibuan. Brand yang menggunakan warna pink antara lain produsen lingerie Victoria’s Secret. Selain itu, pink juga banyak digunakan oleh gerakan kepedulian tentang kanker payudara.

Hijau menandakan kepedulian terhadap alam

Warna hijau dekat dengan alam dan keseimbangan hidup. Warna ini cocok digunakan oleh brand yang ingin menarik customer yang muda dan energik. Contohnya Starbucks, yang berprinsip untuk selalu menggunakan kopi fair-trade dan packaging ramah lingkungan.

Biru memberikan kesan logis dan terpercaya

Biru adalah warna yang paling disukai orang karena identik dengan langit yang cerah. Warna biru yang tepat juga menyimbolkan kepercayaan dan logika. Tidak heran jika banyak perusahaan elektronik yang menggunakan warna biru, misalnya Dell, Intel, dan HP.

Kuning identik dengan optimisme dan keceriaan

Warna kuning yang cerah terkesan enerjik dan ramah. Warna ini juga mudah dikenali di keramaian. Brand populer yang menggunakan warna kuning misalnya McDonalds dan Shell.

Oranye menandakan kepercayaan diri dan kesenangan

Dekat dengan warna kuning, warna oranye menyimbolkan kesenangan. Brand terkenal yang memakai warna oranye dalam branding antara lain stasiun TV anak-anak, Nickelodeon, dan minuman bersoda, Fanta.

Ungu memberikan kesan mewah

Di Eropa, warna ungu identik dengan warna pakaian keluarga kerajaan jaman dulu. Warna ini juga banyak digunakan oleh produsen coklat seperti Cadbury karena memberikan kesan mewah dan glamor.

Hitam dan putih memberikan kesan ekslusif, modern, dan keseimbangan

Selain warna-warni pelangi, banyak juga brand yang memilih untuk menggunakan warna hitam atau putih. Misalnya, Apple, Nike, dan Honda. Kedua warna ini selain terkesan netral juga menciptakan ketenangan dan kesan ekslusif.

Kombinasi warna pelangi menandakan keragaman

Ada juga beberapa brand yang menggunakan beberapa warna sekaligus. FULLSTOP sendiri memilih color palette pelangi untuk menandakan keragaman talenta di tim kami dan spektrum pekerjaan kami. Selain FULLSTOP, brand populer yang juga menggunakan warna pelangi misalnya Google, eBay, Microsoft, dan NBC.

FULLSTOPPERS, apakah warna brand Anda? Yuk, bagikan komentar Anda di halaman Facebook kami!