Image of Mobile App Sebagai Pendorong Perkembangan Bisnis

Mobile App Sebagai Pendorong Perkembangan Bisnis

Perkembangan mobile app telah mengubah secara signifikan bagaimana masyarakat memanfaatkan teknologi dalam bisnisnya. Kini teknologi tidak hanya digunakan oleh pemilik bisnis sebagai alat bantu pada kasir dan pembukuan tetapi digunakan juga oleh para customer untuk berinteraksi dengan bisnis tersebut.

Dengan adanya smart phone sebagai salah satu perangkat vital dalam kegiatan sehari-hari, para pemilik bisnis dapat memanfaatkan mobile app untuk mengembangkan bisnisnya. Beberapa manfaat yang dapat didapakan oleh bisnis yang memiliki mobile app adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan ‘Brand Awareness’
    Customer yang memperoleh kepuasan ketika menggunakan app yang dimiliki oleh suatu brand akan cenderung memiliki impresi yang lebih baik dan meningkatkan opini mereka terhadap brand tersebut.
  1. Meningkatkan kualitas interaksi dengan customer
    Mobile app dapat menawarkan kenyamanan tersendiri bagi para pengguna smart phone. Dengan menggunakan interaksi yang familiar pada smart phone tersebut dalam mengoperasikan app maka interaksi akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.
    Dengan memanfaatkan teknologi pada smart phone, app juga dapat menawarkan interaksi lebih pada pelanggan. Misalnya dengan memberikan promo brand yang sedang berlaku pada lokasi user dengan memanfaatkan GPS.
  1. Mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian
    Kemudahan dalam melakukan pencarian produk dan melakukan pembelian akan mendorong user untuk membeli. Tanpa terikat pada jam operasional toko user dapat melakukan pembelian kapanpun juga, selain itu kemudahan dalam pembayaran melalui apps dan kemudahan dalam menghubungi customer service akan sangat mendorong user untuk melakukan pembelian.
  1. Pengumpulan data untuk analisa bisnis
    Dengan memanfaatkan mobile app, para pemilik bisnis dapat mendapatkan informasi mengenai produk-produk yang lebih diminati oleh customer maupun kurang diminati. Informasi tersebut dapat digunakan para pemilik bisnis untuk mengambil keputusan bisnis yang lebih baik.