Image of Mengenal Inward Branding untuk Memperkuat Brand Anda

Mengenal Inward Branding untuk Memperkuat Brand Anda

Saat mendengar kata branding, hal apakah yang pertama kali melintas di pikiran Anda? Kebanyakan orang membayangkan logo, packaging, iklan, dan tools-tools lain yang bisa dilihat dan dirasakan langsung oleh customer.

Bayangan ini tidak salah. Seperti yang pernah saya katakan sebelumnya, branding adalah proses mengomunikasikan identitas Anda agar orang bisa membedakan Anda dari perusahaan lain yang serupa. Karena itu, wajar jika Anda membayangkan branding sebagai proses yang mengarah ke luar (outward).

Tapi, tahukah Anda kalau branding juga bisa mengarah ke dalam? Jika branding untuk customer disebut outward branding, maka branding untuk internal perusahan disebut inward branding. Target audiensnya adalah karyawan Anda.

Mengapa perlu inward branding?

Mungkin Anda bertanya-tanya, untuk apa berkampanye ke karyawan Anda sendiri? Well, percaya atau tidak, banyak karyawan yang tidak mengerti tentang brand perusahaannya sendiri. Padahal, justru mereka yang nantinya banyak berinteraksi dengan customer.

Tujuan inward branding adalah mengenalkan brand Anda secara mendalam kepada karyawan Anda. Sehingga, mereka paham dan bisa menyampaikan dengan baik ke customer. Lebih lanjut lagi, inward branding juga dapat meningkatkan semangat kerja dan menimbulkan rasa bangga terhadap perusahaan.

Brand memberikan sense of purpose bagi karyawan Anda

Orang yang tidak punya goal cenderung kurang produktif. Sama halnya dengan karyawan Anda. Jika mereka tidak tahu perusahaan mau dibawa ke mana, mereka juga tidak akan perform muluk-muluk.

Sebaliknya, jika Anda gencar menyampaikan visi-misi dan core value perusahaan kepada karyawan Anda, mereka jadi punya alasan untuk peduli. Bukan cuma peduli dengan pekerjaan mereka, tetapi juga peduli dengan Anda sebagai employer, dan customer Anda.

Brand menimbulkan rasa bangga terhadap perusahaan

Saya rasa semua orang ingin menjadi bagian dari perubahan yang baik. Walau setiap bisnis pasti ingin untung, nilai dan visi juga perlu.

Salah satu fungsi inward branding adalah menyampaikan ke karyawan bahwa perusahaan Anda tidak hanya berorientasi profit semata, melainkan perubahan yang bisa dirasakan oleh semua pihak. Sehingga, karyawan turut bangga menjadi bagian dari perusahaan dan lebih antusias melakukan pekerjaan mereka. Brand Anda pun akan terlihat lebih positif di mata semua orang.

 

Kesimpulan

Tidak cuma customer yang harus Anda perhatikan saat mengembangkan brand Anda. Internal perusahaan pun perlu dilibatkan agar proses branding bisa maksimal. Melalui internal branding, Anda memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengenal perusahaan Anda lebih dalam. Sehingga, mereka pun tergerak untuk menjadi brand loyalist Anda.

FULLSTOPPERS, apakah perusahaan Anda sudah melakukan internal branding? Bagaimana hasilnya? Yuk, sharing pengalaman Anda di halaman Facebook kami!