Image of Madame Chang: When Consistency Pays Off

Madame Chang: When Consistency Pays Off

Bagi FULLSTOP dan Madame Chang bisa dikatakan tahun 2017 ditutup dengan manis yaitu dengan menyabet dua penghargaan pada ajang Jawa Pos Culinary Awards 2017. Dua penghargaan tersebut adalah penghargaan pada kategori The Best Dessert Resto dan The Best Asian Resto. Untuk  The Best Dessert Resto, ini adalah kali kedua Madame Chang menyabet penghargaan pada kategori ini.

FULLSTOP telah mendampingi Madame Chang selama 4 tahun terakhir dan selama 4 tahun FULLSTOP menyaksikan bagaimana brand consistency membawa Madame Chang menjadi brand yang dapat dikatakan sukses di pasar Kota Surabaya. Secara konsisten, Madame Chang menyajikan inovasi dan berinteraksi dengan pelanggannya. Inovasi dan interaksi ini dilakukan Madame Chang bersama dengan FULLSTOP melalui berbagai cara dan media. Dengan tidak melulu memanfaatkan media sosial sebagai media komunikasi utama, Madame Chang mampu meraih atensi secara online dan offline secara berkesinambungan. Dan segala strategi yang diterapkan oleh Madame Chang secara konsisten membawa pesan yang sama. Tidak hanya pesan yang disampaikan dengan terus-menerus, pengalaman yang konsumen dapatkan di outlet fisik Madame Chang pun konsisten terhadap apa yang di-endorse oleh brand.

Membangun consistency sebuah brand bukanlah hal yang mudah dan tidak terjadi begitu saja melainkan dari  usaha yang terus-menerus dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Proses panjang yang memerlukan komitmen luar biasa. Pertanyaan selanjutnya, mengapa brand Anda harus susah payah membangun brand consistency kalau brand Anda bisa menjadi fenomena dalam waktu cepat dan dengan cara yang relatif lebih mudah?

Mengapa Brand Consistency Begitu Penting

  1. Brand consistency menumbuhkan kepercayaan

Madame Chang secara konsisten meyakinkan masyarakat bahwa menu Madame Chang menggunakan bahan-bahan berkualitas dan proses pembuatan yang terjaga standar kebersihannya. Dan pesan inilah yang terus dibawa pada setiap campaign dan brand activity yang disajikan juga secara konsisten dengan memanfaatkan brand mascot dan warna dominan hijau dan oranye. Jika pesan ini disampaikan secara terus-menerus didampingi dengan pengalaman yang sama pada outlet fisik, maka persepsi masyarakat akan terbentuk dan tumbuh menjadi kepercayaan terhadap Madame Chang. Kepercayaan ini akhirnya menjadi marketing tool yang bekerja dengan sendirinya di tengah masyarakat, bahkan terhadap inovasi yang akan dilakukan ke depannya. Anda akan lebih banyak mendengar “Madame Chang punya menu baru, jadi penasaran.” daripada “Menu baru Madame Chang enak nggak, ya?”

  1. Konsumer akan lebih memilih sesuatu yang lebih akrab

Jika Anda melakukan strategi marketing dan  campaign secara konsisten terus-menerus, Anda akan diingat. Dengan brand consistency, Anda dapat menjadi top of the mind di dalam benak masyarakat: “Ingin makan dessert? Madame Chang aja, yuk!”

  1. Brand consistency berarti maju

Menjadi konsisten bukan berarti stagnan dan tanpa inovasi. Justru inovasi harus dilakukan secara konsisten juga. Satu hal FULLSTOP dan Madame Chang lakukan adalah tidak pernah tertinggal terhadap tren yang sedang terjadi dan mengolah tren tersebut agar sesuai dengan identitas brand dan dapat di-infuse ke dalam strategi marketing dari brand sendiri. Brand consistency justru mendorong kreativitas bekerja secara efektif untuk sebuah brand.

Apakah brand Anda konsisten? Menjadikan sebuah brand konsisten memerlukan komitmen yang luar biasa karena hasilnya tidak akan langsung tampak. Konsistensi tidak akan menghasilkan overnight sensation tapi membangun fondasi untuk brand Anda bertahan lama.