Image of Jawa Pos Culinary Awards: Lebih dari Sekadar Apresiasi

Jawa Pos Culinary Awards: Lebih dari Sekadar Apresiasi

Dua tahun berturut-turut ditunjuk sebagai official agency partner BRI Jawa Pos Culinary Awards merupakan sebuah kehormatan bagi saya dan tim saya di tengah tumbuh dan kembang pesatnya industri kuliner di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Sebuah perhelatan besar untuk mengapresiasi bermacam-macam kuliner ini bukanlah persoalan tentang mana bisnis kuliner yang lebih baik dan mana yang tidak, tetapi tentang motivasi dan cita-cita setiap industri kuliner untuk terus bisa bergerak maju, semakin berkembang, dan berinovasi di tengah dinamisnya pasar.

Dengan area cakupan wilayah kompetisi yang semakin luas, menjadikan event besutan Jawa Pos dan BRI di tahun kedua ini sebuah tantangan tersendiri yang harus saya hadapi dan tuntaskan semaksimal mungkin. Social media, yang tidak dapat dipungkiri lagi merupakan bagian penting dalam kehidupan generasi milenial, menjadi salah satu medium paling signifikan untuk digital marketing di era ini. Penjaringan suara secara masif dan praktis dengan tetap memperhatikan kredibilitas dapat dilakukan melalui medium satu ini dengan baik asal ditangani dengan benar dan tepat sasaran.

Instagram, LINE, dan Website adalah 3 platform utama yang kami gunakan untuk menjaring pendapat masyarakat terhadap restoran, café, maupun industri kuliner lainnya yang bergabung dalam event ini. Bukan tanpa alasan, ketiga medium tersebut memiliki karakteristik yang dibutuhkan dan sesuai dengan apa yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Melalui ketiga platform tersebut, dan disertai dengan strategi yang tepat, kami menjamin dapat menjaring suara yang lebih valid dan reliabel dibanding tahun sebelumnya.

Animo masyarakat yang tinggi pada tahun kedua ini juga memicu peningkatan jumlah suara yang sangat besar dibanding tahun sebelumnya. Sebanyak total 96.471 suara di tahap pertama dan 166.101 suara di tahap kedua untuk penjaringan melalui social media ini membuktikan bahwa masyarakat punya atensi dan ekspektasi yang lebih. Kami memfasilitasi hal tersebut dengan kemudahan-kemudahan dalam melakukan voting, seperti voting yang lebih terjadwal maupun informasi akses yang lebih detail. Penggunaan Instagram Story sebagai sarana informasi maupun live updates terhadap bermacam-macam supporting event pun dirasa cukup berhasil membantu masyarakat agar tetap up-to-date terhadap event ini.

Harapannya, Jawa Pos Culinary Awards di tahun-tahun berikutnya akan lebih baik lagi, dengan berbagai macam pembaharuan yang bisa memberikan dampak positif bagi industri kuliner di Indonesia. Seperti dikutip dari pernyataan Wakil Gubernur Jatim Gus Ipul, “BRI Jawa Pos Culinary Awards 2017 mampu memberikan dampak positif bagi industri kuliner di Jawa Timur. Saya tunggu perayaan ketiga, keempat, dan seterusnya.”