Image of iOS VS Android

iOS VS Android

Para pengguna smartphone tentunya pasti pernah mengalami dilema ini ketika ingin melakukan penggantian telepon genggam. Beberapa hal yang umum jadi pertimbangan adalah kelebihan dari masing-masing platform dan platform mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Kami akan membahas beberapa hal yang umum digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih smartphone:

  1. Affordability
    Winner: Android
    Tidak dapat dipungkiri bahwa Android memiliki harga yang jauh lebih dapat dijangkau oleh masyarakat. Dengan menyiapkan dana sebesar 1-2 juta rupiah maka anda dapat mendapatkan smartphone Android yang memadai. Berbeda dengan iOS yang memiliki kisaran harga yang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan android.
  1. Customizability
    Winner: Android
    Android memberikan kebebasan bagi para pengguna OS nya untuk melakukan berbagai macam modifikasi. Para user bebas untuk mengganti launcher yang digunakan, memodifikasi lock screen dan juga shortcut. Sedangkan iOS memberikan limitasi terhadap apa yang bisa diganti oleh penggunanya tetapi hal ini menjanjikan standarisasi tampilan serta sekuritas pada iOS.
  1. Apps
    Winner: iOS
    iOS menjadi target utama bagi para developer untuk melakukan rilis aplikasi, walaupun pada akhirnya banyak app yang dirilis pada kedua platform tetapi terdapat jeda waktu antara iOS dan Android.  Salah satu yang menjadi alasan utama para developer adalah para pengguna iOS cenderung lebih berani mengeluarkan dana lebih untuk membeli app.
  1. Security
    Winner: iOS
    Dengan adanya batasan-batasan yang ditetapkan oleh iOS kepada user beserta app developer maka sekuritas pengguna iOS sangatlah terjaga. Data-data pribadi dari pengguna iOS tidak dapat diakses secara sembarangan oleh app yang terinstall. Selain itu, dengan adanya update berkala dan kemudahan instalasi update OS membuat banyak user sering mengupdate iOS yang dimiliki.

Hal tersebut dimungkinkan oleh terstandarisasinya manufacturer device yang menggunakan iOS. Banyaknya produsen device Android membuat proses update OS menjadi salah satu kendala bagi pengguna Android.

Nah, berdasarkan kekurangan dan kelebihan tersebut, manakah yang lebih memenuhi kebutuhan Anda?