Image of Ide Gemilang Asian Games 2018

Ide Gemilang Asian Games 2018

Siapa yang tidak kecipratan hype Asian Games 2018? Olimpiade tingkat Asia ini telah menarik perhatian berbagai khalayak, khususnya masyarakat Indonesia sebagai tuan rumah. Perhelatan akbar ini diawali dengan opening ceremony pada tanggal 18 Agustus 2018, yang bertema Bhinneka Tunggal Ika, dan diaplikasikan dengan berbagai pertunjukan seni yang memperlihatkan keberagaman dan kekayaan Indonesia. Kemudian dilanjut dengan serangkaian lomba dari berbagai cabang olahraga. Hingga akhirnya ditutup dengan closing ceremony­ yang tidak kalah spektakulernya.

Pasti Anda bertanya-tanya, dari manakah ide-ide super kreatif tersebut berasal? Apa atau siapakah yang menginspirasi tim content creator? Bagaimana awal proses brainstorming hingga eksekusi, sehingga menjadi suatu konten yang mendapat banyak pujian di mata internasional?

Apa yang membuat Asian Games 2018 memukau begitu banyak orang? Mungkin poin-poin berikut bisa menginspirasi Anda!

  1. Bangga dengan karakter dan jati diri

Yap. Itulah kesan yang melekat dalam benak saya ketika menyaksikan opening dan closing ceremony Asian Games 2018. Pada opening ceremony, kita menemukan konsep panggung yang diatur sedemikian rupa sehingga membentuk gunung, sawah, hutan, dan aliran air terjun. Stage layout ini memamerkan kondisi geografis Indonesia yang memang punya kekayaan alam berlimpah. Kemudian ada performa tari saman massal, lagu-lagu, serta tarian daerah. Semuanya benar-benar menunjukkan bagaimana karakter serta jati diri Indonesia.

Poin pentingnya adalah, dalam kontes branding, menunjukkan jati diri merupakan sesuatu yang penting. Karakter yang kuat membuat branding Anda lebih dikenal. Menciptakan karakteristik brand yang solid juga membantu agar konsumen bisa membedakan produk Anda dengan produk kompetitor.

  1. Berpikir out of the box

Masih ingat dengan scene ikonik ketika Presiden Joko Widodo melakukan atraksi dengan menggunakan motor gede? Tiga maskot Asian Games yang sangat ikonik: Kaka, Bhinbhin, dan Atun, yang dijadikan merchandise dan dibeli banyak orang? Hingga koreografi tarian sama yang memukau? Semua ide-idenya bisa dibilang out of the box.

Nah, sebagai seorang brand owner, Anda juga harus bisa berpikir out of the box. Inilah yang nantinya membuat brand Anda dilirik konsumen. Ide-ide yang out of the box ini bisa diaplikasikan melalui berbagai macam cara, seperti social media campaign, launching product, hingga product ads-nya.

  1. Planning yang matang

Acara sesukses Asian Games tentunya tidak instan tercipta begitu saja. Ada perencanaan panjang yang telah dilakukan sebelumnya. Kunci dari kesuksesan Asian Games salah satunya terletak pada perencanaan. Perencanaan membuat Anda mampu meminimalisir kesalahan yang terjadi, sebab saat merencanakan Anda akan memetakan kelemahan dan kekuatan acara/campaign Anda.

  1. Be viral!

Bukan sesuatu yang mengherankan kalau Asian Games 2018 menjadi event yang viral, karena perhelatan ini berskala internasional dan diberitakan oleh media massa besar. Saya bukan ingin mengatakan bahwa brand Anda harus seviral Asian Games, tetapi perhatikan poinnya. Aturannya sebenarnya sama, jika konten Anda bisa jadi viral, maka kemampuan Anda untuk menjangkau audiens yang luas makin bertambah besar!

FULLSTOPPERS, itu tadi beberapa hal yang bisa kita amati dan pelajari dari Asian Games 2018. Bagaimana? Apakah Anda siap untuk mewujudkan ide-ide besar Anda?