Image of How to Be A Good Content Creator

How to Be A Good Content Creator

Content Creator? Merasa sudah sering mendengar istilah ini? Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa kemunculan pihak-pihak yang mengklaim dirinya sebagai content creator memang menjadi sesuatu yang wajar, khususnya pada era digital seperti sekarang ini, ketika social platform yang ada telah menjelma menjadi bagian dari hidup kita. Hayo, siapa yang sering mengintip Instastory selebgram pujaan? Atau, siapa yang hobi nonton techno review di YouTube?

Yes, right! Di balik konten-konten favorit Anda itu, terdapat peran seorang content creator di baliknya. Mereka adalah orang-orang yang menggunakan media untuk membagikan ide-ide maupun gagasan, baik berupa tulisan, foto, maupun video. Konten yang dibagikan tergantung keinginan masing-masing content creator, misalnya ada yang membagikan daily life vlog, artikel tips, hingga video ulasan suatu produk.

Kedengarannya simple? Well, menjadi content creator mungkin terkesan cukup mudah, karena Anda dibebaskan menciptakan konten apa pun. Namun, menjadi ‘a good content creator’ adalah hal yang lain. Bagaimana agar Anda tak sekadar menyajikan konten saja, tetapi memikirkan bagaimana cara membuat konten yang bermanfaat dan disukai, bukanlah hal yang mudah. Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini untuk meningkatkan kualitas konten Anda:

Banyak-banyaklah membaca

Apa yang harus dibaca? Mulai dari berita nasional dan internasional, informasi mengenai tren, hingga segala sesuatu yang dapat memberikan informasi terkait target audiens. Banyak membaca akan membekali Anda dengan banyak pengetahuan baru, dan pada akhirnya membantu Anda memahami konteks setiap kejadian secara lebih luas. Ketika Anda dianggap sebagai seseorang yang kredibel, maka akan lebih mudah untuk membentuk mindset yang ada dalam pikiran target audiens.

Menulislah secara konsisten

Content creator yang sukses paham bahwa mereka tidak boleh membiarkan otaknya diam terlalu lama sehingga akhirnya jadi lesu. Lalu apa hubungannya dengan menulis? Menulis merupakan langkah awal untuk merealisasikan ide-ide Anda. Bagi para penulis, baik penulis buku, penulis blog, maupun penulis fiksi, menulis secara konsisten sangat penting untuk memastikan tulisan mereka bisa selesai tepat waktu. Lantas bagaimana dengan content creator yang bermain di ranah foto dan video?

Sama saja. Konsistensi dalam menulis tidak hanya berlaku bagi penulis. Tuangkan ide, pemikiran, renungan, dan keinginan Anda ke dalam tulisan. Selain berguna untuk memastikan bahwa Anda produktif setiap hari, tulisan-tulisan yang Anda buat juga membantu Anda berkomitmen sebagai seorang content creator.

Menambah relasi dalam setiap kesempatan

Content creator yang sukses tidak cepat puas dengan kualitas yang ada pada dirinya. Content creator yang sukses juga menyadari bahwa di luar sana masih banyak orang yang bisa menambah wawasan, memberikan sudut pandang baru, dan dijadikan inspirasi. Untuk itulah Anda harus berusaha untuk terus melakukan networking. Selain memaksa Anda untuk mendengarkan pendapat orang lain, relasi yang luas juga dapat memberikan kesempatan yang tak terbatas untuk mengeksplorasi konten Anda.

Menumbuhkan rasa penasaran

Seorang content creator biasanya memiliki rasa penasaran yang alami. Mereka senang bertanya dan mempelajari hal-hal yang sederhana hingga yang paling rumit. Kebiasaan untuk selalu merasa penasaran inilah yang membuat mereka mampu menciptakan konten yang bagus. Jika Anda terbiasa bereaksi netral terhadap suatu konten, mungkin pada awalnya akan susah untuk memunculkan sudut pandang yang berlawanan. Namun, apabila Anda mulai membiasakan diri untuk bertanya ‘mengapa’, maka Anda sudah satu langkah berpikir lebih kritis terhadap konten yang Anda konsumsi.

Nah, bagaimana FULLSTOPPERS? Apabila Anda berhasil menjadi content creator yang baik, Anda pun dapat membuat konten yang berkualitas untuk brand yang Anda miliki. Dalam persaingan branding di Indonesia yang semakin ketat ini, penting untuk membuat konten yang berkualitas dan disukai. Sudah siap mencoba?