Image of Google Analytics as a Digital Analytic Tool

Google Analytics as a Digital Analytic Tool

“Berapa banyak yang sudah mengunjungi web site saya?” , “Halaman apakah yang paling banyak dikunjungi?”, “Keyword pencarian apa yang paling populer?”, jawaban dari pertanyaan–pertanyaan tersebut merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan SEO dan popularitas dari sebuah web. Untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut maka para Digital Analyst menggunakan bantuan Google Analytics yang merupakan salah satu digital analytic tool yang paling populer.

Google Analytics memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya sangat populer di kalangan digital analyst, beberapa diantaranya adalah :

  1. Gratis

Para pengguna Google Analytics tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk menggunakan fitur yang dimiliki.

  1. Kelengkapan data visitor yang dikumpulkan

Google Analytic memberikan informasi yang lengkap mengenai informasi para visitor dari web site. Dimulai dari umur, lokasi pengguna, umur, media yang digunakan hingga bagaimana mereka menemukan website tersebut.

  1. Kelengkapan data interaksi visitor dengan web

Tidak hanya informasi mengenai para visitor saja, Google Analytic juga menyediakan informasi mengenai bagaimana mereka berinteraksi dengan web tersebut. Halaman manakah yang diakses oleh visitor, alur halaman yang dilihat, serta berapa lama mereka berada di suatu halaman.

  1. Kemudahan dalam melakukan rekap data

Fitur dashboard yang dimiliki oleh Google Analytic memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan rekap data yang ada. Informasi visitor count, keyword, website refererral dan berbagai informasi lain dapat diletakkan pada dashboard sesuai dengan keinginan dan kebutuhan user.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut maka proses analisa digital sangat dimudahkan oleh Google Analytic. Para Digital Analyst dapat menggunakan waktunya dengan lebih efektif untuk menentukan strategi berikutnya berdasarkan data yang telah disediakan.