Image of Digital Marketing Yang Semakin Populer di Indonesia

Digital Marketing Yang Semakin Populer di Indonesia

Digital Marketing, sebuah kata yang sering kali didengar dalam dunia pemasaran di era milenial seperti sekarang. Digital marketing merupakan usaha untuk melakukan pemasaran sebuah produk atau brand melalui digital atau internet. Tujuannya agar dapat menjangkau konsumen maupun calon konsumen dengan cepat.

Di Indonesia, digital marketing mengalami perkembangan yang signifikan, hal ini bisa dilihat dari pengguna internet di Indonesia. Negara kita menempati urutan ke 16 dunia, dengan memiliki jumlah pengguna internet sekitar 30 juta jiwa. Tidak heran jika pemasaran melalui digital bisa tumbuh subur dan efektif untuk mempromosikan atau menjual sebuah produk.

Banyaknya e-commerce yang hadir di Indonesia beberapa tahun belakangan ini, membuat persaingan di dunia digital marketing semakin panas. Belum lagi jumlah online shop yang ada di Indonesia, yang tidak bisa dicatat jumlahnya karena tidak terdaftar dan pertumbuhannya sangat masif.

Digital marketing dan branding adalah dua hal berbeda, namun saling berkaitan. Pasalnya digital marketing yang baik pasti memerlukan branding yang baik juga. Seperti misalnya ketika pertama kali membuka sebuah online shop yang menjual aksesoris-aksesoris dari Korea, namun branding yang dibangun kurang menarik, maka yang terjadi adalah pemasaran yang tidak efektif.

Lalu langkah apa yang harus di bangun di tengah perkembangan digital marketing ini?

Siapkan teknologi yang akan digunakan

Untuk meningkatkan fleksibilitas, sebagai pelaku digital marketing Anda harus dapat selalu terhubung dengan semua saluran digital. Tetap up-to-date dengan perkembangan teknologi di era yang sudah semakin maju seperti ini adalah kewajiban apalagi bila ingin menekuni dunia digital marketing yang sesungguhnya.

Lakukan branding yang sempurna

Dalam dunia pemasaran terlebih digital marketing yang menuntut semuanya serba cepat, dibutuhkan produk yang dapat dengan mudah dikenali dan memiliki strategi tepat sasaran sesuai target yang diinginkan. Maka dari itu, keseluruhan elemen branding yang baik sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Mengembangkan pemahaman tentang digital marketing

Memiliki pemahaman yang luas tentang digital marketing dapat membantu Anda dalam menjalankan pemasaran di dunia marketing pastinya. Anda dapat mengerti bagaimana harus mengambil keputusan dalam menangani permasalahan di dunia digital marketing.