Image of Creative People: Don't Forget to Have Fun!

Creative People: Don't Forget to Have Fun!

Banyak yang mengira, apalagi bagi mereka yang awam dengan industri kreatif, bekerja di industri ini adalah sesuatu yang ‘main-main’ dalam konteks yang sangat harfiah.  Mispersepsi yang sering kita dengar dari banyak orang umumnya mengenai pakaian yang dikenakan (kaos, celana jeans, sneakers), durasi kerja yang fleksibel, hingga underestimate tentang jenis pekerjaan yang tidak familier. Bahkan, orang tua kita tidak pernah tahu anaknya bekerja apa, right?

Namun di balik persepsi ‘main-main’ dan ‘bersenang-senang’ itu, nyatanya terdapat jauh lebih banyak tantangan hingga tekanan yang bertubi-tubi setiap harinya yang membuat pekerja kreatif bahkan membutuhkan perhatian mengenai kesehatan mental mereka. Are they O.K. enough? Is everything running well?

Here some tips to get some fun to balance your life in a creative industry! 

Play while you work!

In other words, just do what you love and love what you do. Apapun yang kalian kerjakan, either you are a branding consultant, graphic designer, content writer, social media specialist, photographer, videographer, event planner, or anything else, ‘bermain-main’-lah dengan pekerjaanmu. Bukan berarti ‘bermain’ dan pekerjaanmu tidak selesai dengan baik, tapi bermainlah untuk mencari cara termenyenangkan dalam menyelesaikan pekerjaanmu. Misal dengan mencoba gaya atau teknik baru yang kamu sukai, atau sekadar mengaitkan dengan hal-hal yang kamu sukai secara personal, seperti film apa yang baru saja kamu tonton, café favoritmu yang mana yang ngehits untuk jadi spot foto, dan banyak lainnya.

Make your own social media more fun!

People talk to each other almost via social media nowadays, right? Gunakanlah platform itu juga untuk berbagi banyak hal-hal positif dan menyenangkan. Pengalaman-pengalaman lucu ataupun kejadian-kejadian kecil yang menarik, misalnya. Atau sekadar bermain kuis di Instagram Story? Kamu juga bisa share aktivitas kantormu setiap hari seperti hal-hal menarik apa yang kamu kerjakan, meeting kemana kamu hari ini, dan lain-lain. Semua hal-hal positif sederhana itu bisa sangat meng­-influence dengan baik ke orang lain terutama followers-followers kamu.

Have a peer group!

Tidak ada salahnya mempunyai sekumpulan teman dekat, baik itu satu kantor atau pun di luar, untuk bisa terus saling berbagi, saling support, dan menjadi tempat berkeluh kesah. Terkadang justru yang kita butuhkan bukanlah solusi, melainkan hanya seseorang yang mendengarkan, bukan? Peer group juga bisa digunakan untuk membahas topik-topik di luar pekerjaan untuk mengurangi penat dan efek stres kerja.

Find another thing to do outside the office. Join a community, perhaps?

Sebagian orang hobi bernyayi, hobi traveling, hobi main game, hobi memodifikasi motor, dan hobi-hobi lain yang kadang sangat bertolak belakang dengan pekerjaan utama mereka. Tentu saja itu bisa dijadikan opsi sampingan agar kehidupan bekerja dan kehidupan pribadi bisa seimbang. Bergabung dengan komunitas kuliner? Atau komunitas mobil atau moge tertentu? Kenapa tidak? Temukan kebahagiaanmu sendiri melalui hal-hal kecil yang kamu senangi agar hidup bisa berjalan terus dengan baik.

Explore! Explore! Explore!

Sebagai seorang pekerja kreatif, kamu dituntut untuk terus menghasilkan karya-karya baru, inovasi-inovasi baru, dan ide-ide yang fresh agar tidak ketinggalan dengan tren yang terus berkembang cepat seiring berkembangnya zaman. Untuk itu kamu kudu mengeksplor terus kemampuan yang kamu miliki. Caranya? Penuhi kepalamu dengan referensi dan tentunya exercise it! Selain tentu menambah kualitasmu, mengeksplor kreativitas mampu menghindarkan kamu dari yang namanya kebuntuan, yang ujungnya mampu meminimalisir stress dan membuatmu lebih enjoy dalam bekerja.

Bukan begitu, Fullstoppers?