Image of Big Business Growth Strategies that are Useful for Small Business in Indonesia

Big Business Growth Strategies that are Useful for Small Business in Indonesia

Setiap bisnis kecil sederhana pasti memiliki harapan untuk menjadi bisnis besar dan sukses suatu saat nanti. Karenanya diperlukan waktu serta usaha keras untuk bisa mencapai tujuan besar tersebut. Berbagai cara bisa jadi telah dilakukan dan dioptimalkan untuk menarik perhatian dan kepercayaan konsumen mulai dari segala bentuk strategi pemasaran hingga strategi branding. Bahkan seringkali perintis usaha mengadaptasi strategi-strategi yang dilakukan oleh bisnis-bisnis besar agar dapat mengakselerasi kemajuan bisnisnya sendiri.

Cara tersebut tidaklah salah, karena meskipun usia bisnis terbilang muda, tidak ada salahnya apabila bisnis kecil mencoba sedikit mengutip trik-trik umum dari bisnis besar untuk diterapkan pada sistem bisnisnya. Hal ini diyakini dapat meningkatkan kemajuan bisnis kecil sederhana Anda yang sedang berkembang. Berikut beberapa strategi bisnis besar yang berguna bagi bisnis-bisnis kecil di Indonesia:

Segmentasi Pasar (Market Segmentation)

Segmentasi pasar secara umum berbicara tentang menentukan suatu pangsa pasar mana yang paling tepat dan sesuai dengan kriteria produk bisnis Anda. Pertanyaan-pertanyaan semacam “Who will you serve? Who will you avoid? And which segment can you focus on to improve profitability?” seharusnya harus sudah bisa dijawab oleh setiap pemilik bisnis agar bisnis mereka jelas terfokus untuk dipasarkan kepada siapa, baik secara geografis, demografis, maupun psikografis.

Memanfaatkan Kemitraan (Leveraging Partnership)

Ketika bisnis-bisnis besar dapat dengan mudah membangun kerjasama dengan membayarkan sejumlah uang kepada vendor maupun bisnis-bisnis lain yang bersangkutan, maka bisnis-bisnis kecil mungkin tidak akan bisa melakukan hal demikian. Maka yang diperlukan di sini adalah memanfaatkan kemitraan atau kerjasama dengan cara negosiasi kepada bisnis-bisnis lain yang siap menerima sistem yang lebih sederhana seperti bagi-hasil maupun sistem lain yang tidak mengharuskan membayar sejumlah uang di muka.

Akuisisi (Acquisitions)

Tidak dapat dipungkiri bahwa akusisi merupakan salah satu cara untuk memperbesar sebuah perusahaan dengan cara memiliki perusahaan lain. Cara seperti ini mungkin selama ini dianggap hanya bisa dilakukan oleh bisnis-bisnis besar yang memiliki cukup modal untuk mengakuisisi bisnis lain. Lalu bagaimana cara penerapannya pada bisnis kecil? Seperti dikutip dari American Express, “Keep to a specific list of characteristics that you're looking for. Don't let emotion or ego play a role in a major purchase. I'm not suggesting that you buy something you can't afford. But you can afford some businesses, especially those that you can improve. Don't dismiss acquisitions just because you're small.

Bagaimana FULLSTOPPERS, apakah bisnis Anda sudah menerapkan strategi tersebut?