Image of 7 Hal yang Orang Tidak Ketahui Sebelum Memulai Bisnis Sendiri

7 Hal yang Orang Tidak Ketahui Sebelum Memulai Bisnis Sendiri

Beberapa tahun terakhir, entrepreneurship mulai booming di Indonesia. Jika dulu orang berlomba-lomba mencari pekerjaan bonafide di perusahaan multinasional, kini semakin banyak yang berani memulai usahanya sendiri.

Sebagai entrepreneur muda, saya bisa katakan kalau punya bisnis sendiri itu menyenangkan. Selain punya kontrol kreatif terhadap pekerjaan saya, usaha yang saya keluarkan nantinya juga akan menguntungkan saya sendiri. Tidak ada lagi supervisor yang galak, karena sayalah pimpinannya. Saya juga bisa bekerja di mana saja. Kedengarannya enak bukan?

Well, saya rasa di dunia ini tidak ada yang namanya senang melulu tanpa pernah susah. Tiga tahun punya bisnis sendiri, saya menyadari bahwa banyak dari kita yang kurang realistis dalam mengira-ngira usaha yang dibutuhkan untuk memulai bisnis sendiri. Banyak sekali hal yang harus dikerjakan, mulai dari negosiasi dengan supplier sampai menangani komplain customer. Kemungkinan besar, jam kerja Anda justru akan lebih panjang dibandingkan saat Anda jadi karyawan orang.

Nah, berikut adalah 7 hal yang kebanyakan orang tidak tahu sampai mereka memulai usaha sendiri. Seandainya saja dulu ada yang pernah memberitahu saya!

1. Tidak ada yang namanya jam kantor

Kebanyakan orang mengira bahwa saat mereka jadi bos, jam kantor mereka bisa lebih fleksibel. Well, jam kantor yang fleksibel juga berarti pekerjaan Anda tidak pernah tuntas. Saat karyawan Anda sudah beristirahat di rumah, Anda masih harus menyiapkan proposal untuk esok hari dan membuat laporan keuangan. Mana mungkin Anda bisa tetap tidur ketika karyawan Anda menelepon jam 1 pagi untuk melaporkan booth pameran yang tiba-tiba roboh?

2. Disiplin itu penting

Kalau Anda berpikir bahwa jadi bos berarti Anda bisa bersantai-santai, siap-siap saja terkejut. Memang tidak akan ada yang memarahi kalau Anda terlambat datang ke kantor atau main games di Facebook seharian, tapi ingat: kalau Anda tidak giat bekerja, bisnis Anda juga tidak akan maju.

3. Tidak ada jaring pengaman

Berkaitan dengan nomor 2, Anda harus selalu ingat bahwa bisnis yang Anda jalankan adalah milik Anda sendiri. Kalau Anda karyawan, Anda masih bisa mencari pekerjaan baru seandainya dipecat. Tapi kalau bisnis Anda gagal, that’s it.

4. Jabatan Anda akan semakin banyak

Anda dulunya akuntan dan sekarang ingin mengejar passion di bisnis kuliner? Selamat, setelah ini Anda akan menjadi chef sekaligus akuntan, sekaligus ahli pemasaran, sekaligus customer service. Memang sih, Anda bisa outsource beberapa pekerjaan ke orang lain. Tapi ingat, Anda masih tetap Chief Everything Officer yang bertanggung jawab terhadap keseluruhan perusahaan.

5. Anda tetap harus bekerja keras

Hal ini mungkin terdengar naif, tapi ada beberapa orang yang berpendapat kalau punya bisnis sendiri akan terasa “beda”. Well, saya bisa katakan kalau bekerja untuk diri sendiri atau untuk orang lain sama beratnya. Anda masih tetap harus menyelesaikan tanggung jawab Anda, termasuk menyelesaikan tugas-tugas administratif yang Anda tidak sukai.

6. Jangan mengharapkan penghargaan

Ketika Anda masih jadi karyawan dan Anda melakukan hal yang baik untuk perusahaan Anda, biasanya Anda akan mendapatkan penghargaan berupa bonus atau promosi. Hal ini tidak akan berlaku kalau Anda sudah punya usaha sendiri. Jadi, siap-siap saja belajar menghargai usaha Anda sendiri.

7. Tidak ada jaminan sukses

Tidak semua orang bisa seperti Bill Gates atau Richard Branson. Kesuksesan membutuhkan insting yang kuat, keahlian dalam memecahkan masalah, motivasi, keberanian, dan keberuntungan. Tidak semua orang punya hal-hal ini.

Betapapun sulitnya, punya bisnis sendiri adalah keputusan terbaik yang pernah saya buat. Memang ada beberapa hal negatif yang harus saya hadapi, tapi kesenangan dan kepuasan yang saya dapatkan juga cukup banyak. Dan well, begitulah hidup. Yang pasti, saya tidak menyesal.

FULLSTOPPERS, apa saja suka duka Anda dalam menjalankan bisnis Anda sendiri? Yuk, bagikan komentar Anda di halaman Facebook kami!