Image of 7 Alasan Bisnis Anda Butuh Branding

7 Alasan Bisnis Anda Butuh Branding

Sebagai seorang branding consultant, saya sering mendapat pertanyaan dari teman atau saudara tentang proses branding. Satu pertanyaan yang populer adalah perlu tidaknya branding, terutama untuk bisnis keluarga yang sudah terlanjur jalan lama.

Well, the short answer is yes.

Percaya atau tidak, semua bisnis perlu branding. Entah bisnis itu kecil atau besar, baru mulai atau sudah bertahun-tahun berjalan. Mungkin Anda berpikir, ah, tentu saja branding itu penting menurut seorang branding consultant. Tapi coba kalau saya ganti istilah “brand” dengan “reputasi”. Semua bisnis tentu butuh reputasi bukan?

Secara sederhana, brand dapat didefinisikan sebagai image Anda di mata customer Anda. Sedangkan branding adalah proses mengomunikasikan image ini kepada banyak orang, sehingga produk dan perusahaan Anda dapat dibedakan dari produk dan perusahaan lain yang serupa.

Satu hal yang perlu diingat adalah branding lebih dari sekedar logo atau elemen grafis. Branding meliputi keseluruhan customer experience, mulai dari logo, packaging, website, social media, cara karyawan Anda melayani customer, hingga cara Anda menjawab telepon.

Nah, kembali ke pertanyaan semula: apa Anda perlu branding? Jawabannya ya, dan saya dapat memberikan 7 alasan untuk Anda:

1. Branding membangun reputasi Anda

Branding membangun salah satu aset terpenting yang bisa Anda miliki, yaitu reputasi. Dan, orang cenderung memilih perusahaan dengan reputasi yang baik.

2. Brand Anda membedakan Anda dari kompetitor

Dengan adanya globalisasi, persaingan di pasar pun semakin ketat. Kompetitor bermunculan setiap hari, dan bukan tidak mungkin produk dan jasa yang mereka tawarkan mirip dengan punya Anda. Jika Anda tidak tampil beda, sulit bagi customer untuk memilih Anda.

3. Brand Anda menceritakan nilai-nilai Anda

Keseluruhan brand Anda, mulai dari logo hingga cara karyawan Anda melayani customer, menceritakan tentang siapa Anda dan nilai-nilai yang Anda pegang. Branding yang baik membantu agar cerita ini nampak baik di mata customer.

4. Branding menjalin hubungan emosi dengan customer

Brand yang baik adalah brand yang membangkitkan emosi yang positif. Jika customer Anda merasa senang saat mereka menggunakan produk atau jasa Anda, kemungkinan besar mereka akan kembali lagi.

5. Branding membantu Anda untuk fokus

Bisnis yang tidak punya visi akan cenderung stagnan karena tidak tahu arah mana yang akan dituju. Adanya brand strategy akan memperjelas visi dan misi bisnis Anda, dan membantu Anda untuk fokus.

6. Branding membantu karyawan Anda untuk fokus

Tidak cuma Anda yang butuh arahan yang jelas. Karyawan Anda pun begitu. Branding yang baik menyediakan panutan bagi karyawan Anda sehingga mereka tahu bagaimana harus bersikap, cara melayani customer, dan cara memenuhi goal perusahaan.

7. Brand yang kuat menghasilkan referral

Pernahkah Anda mereferensikan suatu produk kepada teman Anda? Pada kenyataannya, orang suka bercerita tentang brand yang mereka sukai. Di sisi lain, tentu sulit untuk mereferensikan brand yang bahkan tidak mereka ingat.

FULLSTOPPERS, bagaimana dengan Anda? Apakah menurut Anda semua bisnis butuh branding? Tinggalkan komentar Anda di halaman Facebook kami!