Image of 3 Cara Supaya Orang Mendengarkan Anda

3 Cara Supaya Orang Mendengarkan Anda

Kata orang, jadi anak muda itu enak. Selain fisik yang bugar dan semangat yang tinggi, anak muda punya waktu untuk melakukan banyak hal. Sebagai anak muda, saya bisa pastikan pandangan itu ada benarnya. Tapi di sisi lain, kami juga punya tantangan tersendiri.

Salah satu problema yang dihadapi oleh entrepreneur muda seperti saya adalah sulitnya mendapatkan pengakuan dari relasi bisnis yang lebih senior. Biarpun ide kami solid, ucapan kami sering tak didengarkan karena dianggap masih anak ingusan.

Well, kita memang tidak bisa mengontrol pikiran orang lain. Tapi saya percaya bahwa perubahan bisa dimulai dari diri sendiri. Satu-dua kali tidak dianggap serius oleh calon customer, saya mulai proaktif mengubah cara saya berbicara. Hasilnya? Customer jadi lebih reseptif terhadap pendapat saya. Apalagi setelah itu mereka melihat dan merasakan sendiri kalau kerja saya dan tim di lapangan tidak main-main.

Karena itu, kali ini ini saya ingin membagikan tiga tips supaya orang lain mau mendengarkan Anda saat Anda berbicara. Tips-tips ini sederhana, tapi cukup efektif buat saya:

Jadilah pendengar yang baik

Ini adalah tips terpenting yang bisa saya berikan untuk Anda: kalau Anda ingin orang mendengarkan Anda, jadilah pendengar yang baik terlebih dulu. Hal ini memang terdengar kontra intutitif, tapi sebenarnya logis.

Ketika Anda memperhatikan lawan bicara Anda dengan serius dan menjadi pendengar yang baik, Anda menunjukkan kalau Anda menghormati mereka. Mereka pun akan jadi lebih terbuka terhadap Anda, karena orang cenderung tertarik dengan pendapat orang lain yang care dengan mereka.

Jadi, kalau customer (atau siapa saja) tidak mau mendengarkan omongan Anda, coba diam dan dengarkanlah mereka terlebih dulu. Setelah mereka selesai berbicara, barulah utarakan respon yang sesuai.

Tip tambahan: Kadang-kadang Anda akan menemui customer yang sama sekali tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Kalau hal ini terjadi, cobalah berbicara dengan pimpinan eksekutif lain yang bisa menjadi penengah Anda berdua.

Jangan banyak basa-basi

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang hanya bisa berkonsentrasi penuh selama 20 menit saja. Karena itu, hindari obrolan yang berbelit-belit. Jangan menjelaskan dengan terlalu panjang lebar, sebaliknya gunakanlah kata-kata yang simpel tapi tepat sasaran.

Kalau Anda sendiri bingung harus mulai dari mana, saran saya adalah lakukan persiapan terlebih dulu. Buatlah intisari dari obrolan Anda, kemudian carilah kata-kata yang paling efektif untuk menyampaikannya.

Belajarlah membaca audiens

Tak peduli sepintar apapun Anda berbicara, orang cenderung malas mendengarkan topik yang tidak menarik buat mereka. Karena itu, tips terakhir saya adalah belajarlah membaca audiens Anda. Kalau mereka mulai terlihat tidak fokus saat Anda berbicara, berhentilah. Lontarkan pertanyaan untuk mengetahui topik apa yang sebenarnya mereka ingin dengar. Kemudian, susun ulang topik pembicaraan Anda agar lebih sesuai.

Nah, kesimpulannya: kalau Anda ingin orang mendengarkan Anda, jadilah pendengar yang baik terlebih dulu. Saat giliran Anda berbicara tiba, fokuslah ke topik yang menarik untuk audiens Anda. Gunakanlah kata-kata yang simpel tapi jelas dan menarik. Selamat mencoba!

FULLSTOPPERS, apakah Anda punya tips yang efektif untuk membuat orang lain mendengarkan Anda? Yuk, bagikan komentar Anda di halaman Facebook kami!