Image of In-House Versus Outsourcing: Mana yang Lebih Efisien?

In-House Versus Outsourcing: Mana yang Lebih Efisien?

Dari sekian banyak branding activities yang dilakukan oleh para pemilik brand, ada satu aktivitas yang butuh pengorbanan waktu, tenaga, dan biaya yang besar. Yap, itu ialah event management. Event management merupakan proses manajemen sebuah acara yang salah satunya bertujuan untuk branding produk. Bentuknya bisa bermacam-macam seperti bazaar, pameran, product launching, hingga kumpul komunitas. Semuanya tergantung dari tujuan yang ingin dicapai serta ide dari event planner yang mengeksekusi.

Nah, soal event planner inilah yang biasanya menjadi dilema brand owner. Mana yang sebaiknya dipakai? In-House atau jasa Outsourcing? Kira-kira apakah in-house team bisa menghandle semua tugas hingga selesai? Jika menggunakan jasa outsourcing, jangan-jangan malah bikin boros biaya? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang kerap kali membuat bingung. Jadi, FULLSTOPPERS, sebenarnya manakah yang lebih efisien?

In-House lebih efisien jika…

  1. Tim Anda memiliki skill dan pengalaman dalam mengorganisasi event
  2. Tim Anda punya waktu yang cukup di luar jam kerja perusahaan untuk melakukan progress setiap hari
  3. Tim Anda punya kemampuan negosiasi yang baik dengan pihak venue, pengisi acara, jasa transportasi, hingga percetakan, dan komponen-komponen lain
  4. Tim Anda mempunyai kemampuan desain untuk menunjang publikasi event
  5. Tim Anda punya pengalaman mengatur budget untuk event

Anda merasa ragu? Atau malah tidak yakin sama sekali? Jika demikian, mungkin sebaiknya Anda mempercayakan event Anda kepada outsourcing. Berikut beberapa hal yang bisa memberi Anda keuntungan dari jasa outsorcing sebagai event planner.

Kelebihan Outsourcing

  1. Memberikan 100% perhatian pada event Anda

Yap, karena memang itulah tugas mereka. Jika tim internal Anda harus membagi waktu antara jobdesk harian dengan tugas tambahan sebagai event planner, maka akan ada kemungkinan salah satu fokusnya menjadi terbengkalai. Di sisi lain, outsourcing akan menjadikan event Anda sebagai prioritas utama.

  1. Kesempatan mendapatkan banyak penawaran terbaik

Agency atau event organizer pasti punya banyak channel yang berkaitan dengan kebutuhan event, seperti tempat penyewaan venue, penginapan, jasa transportasi, hingga artis pengisi acara. Mereka bisa membantu memberikan Anda penawaran dengan harga yang terbaik kepada Anda.

  1. Punya skill dan pengalaman yang dibutuhkan

Sudah pasti pihak yang bekerja dalam bidang jasa event memiliki skill mumpuni dan jam terbang yang tinggi. Urusan mengkonsep, mendesain, negosiasi, hingga eksekusi bisa langsung Anda diserahkan kepada mereka.

  1. Ide-ide kreatif

Penyedia jasa event akan menawarkan Anda ide-ide yang baru, segar, kreatif, dan sedang jadi trending. Bagaimana jika Anda sudah punya ide dan konsep yang matang? Tidak masalah. Mereka bisa memberitahukan jika ada gap atau membantu meminimalisir kesalahan.

  1. Tetap bisa mengendalikan budget Anda

Anda bisa menentukan berapa budget yang ingin Anda keluarkan untuk event. Penyedia jasa event lah yang akan mengatur budget Anda sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu khawatir keluar uang lebih dari yang telah dianggarkan, karena toh di awal Anda sudah menentukan berapa budget untuk event dan budget untuk ongkos jasa.

FULLSTOPPERS, untuk memilih antara In House atau Outsourcing, Anda sebetulnya hanya perlu menyesesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan tim. Jika tim internal dirasa mampu mengorganisasi event, Anda bisa mengandalkan In-House. Namun, jika ingin praktis dan lebih terorganisir, tak ada salahnya mencoba jasa Outsourcing. Nah, sudah siap membuat event?